EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KARET (Haveabrasiliensi L.) PERKEBUNAN RAKYAT DI NAGARI SUNGAI DAREH KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Sonidar, Sonidar (2018) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KARET (Haveabrasiliensi L.) PERKEBUNAN RAKYAT DI NAGARI SUNGAI DAREH KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan absrak.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
penutup.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FUlltext)
Tugas Akhir Ilmiah utuh..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi lahan merupakan suatu proses untuk menduga potensi sumber daya lahan untuk berbagai penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelas kesesuaian lahan dan membuat peta kesesuaian lahan dan membuat peta kesesuaian lahan untuk tanaman karet di Kenagarian Sungai Dareh Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap persiapan, prasurvei, survei utama, analisis tanah di Laboratorium dan pengolahan data. Pengklasifikasian evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman karet di daerah Kenagarian Sungai Dareh Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya dilakukan dengan metode matching pada dasarnya mengacu pada petunjuk Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanian Edisi Revisi 2011 menurut (Djaenuddin et., al 2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua satuan lahan di kenagarian sungai dareh memiliki lahan S3 (sesuai marginal) dimana faktor pembatas yang dominan disetiap satuan lahan yaitu pH, sedangakan untuk faktor pembatas bahaya erosi, draenase, dan bahaya banjir terdapat pada satuan lahan IV dengan kelas lahan S3 (sesuai marginal). Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pengusahaan tanaman karet maka perlu dilakukan usaha perbaikan berdasarkan faktor pembatas dan sesuai kaedah konservasi. Kata kunci : evaluasi kesesuaian lahan, karet (Havea brasiliensis L.)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Lusi Maira, M.A.gr.,Sc.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 24 Jul 2018 12:10
Last Modified: 24 Jul 2018 12:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35561

Actions (login required)

View Item View Item