ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMASUNGAN YANG DILAKUKAN OLEH KELUARGA TERHADAP PENDERITA GANGGUAN JIWA DIKABUPATEN TAPANULI TENGAH SUMETERA UTARA TAHUN 2018

Tiur, Romatua Sitohang (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMASUNGAN YANG DILAKUKAN OLEH KELUARGA TERHADAP PENDERITA GANGGUAN JIWA DIKABUPATEN TAPANULI TENGAH SUMETERA UTARA TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full text)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tindakan pemasungan merupakan salah satu bentuk pelanggaran dan pengabaian hak azazi manusia, sampai saat ini masih banyak ditemukan penderita gangguan jiwa hidup dalam keadaan terpasung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktor-faktor yang berhubungan dengan pemasungan yang dilakukan oleh keluarga terhadap penderita gangguan jiwa di Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2018 serta mengekplorasi alasan keluarga melakukan pemasungan. Desain penelitian adalah Mix Metode dengan model embedded. Jumlah responden adalah 155 orang keluarga penderita gangguan jiwa di Kabupaten Tapanuli Tengah. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Jumlah partisipan adalah 10 partisipan. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan menggunakan kuesioner, pengumpulan data kualitatif dengan wawancara mendalam. Penelitian kuantitatif di analisis dengan teknik chi square dan regresi logistik. Penelitian kualitatif di analisis dengan menggunakan colaizzi. Hasil penelitian didapatkan data ada hubungan signifikan pengetahuan, status ekonomi, perilaku kekerasan, stigma, ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan dengan pemasungan. Faktor yang paling berhubungan dengan pemasungan adalah faktor ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan dengan nilai OR 3,452. Disarankan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki regulasi kebijakan dengan menyusun dan menerbitkan peraturan daerah yang melindungi Orang Dengan Gangguan Jiwa. Kata Kunci : Pemasungan, Gangguan Jiwa, Keluarga, Ketersediaan yankes Daftar Pustaka : 60 (2008-2017)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. RIZANDA MACHMUD, M.Kes., FISPH, FISCM
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2018 15:23
Last Modified: 20 Jul 2018 15:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35459

Actions (login required)

View Item View Item