PENENTUAN KANDUNGAN FENOLIK TOTAL, UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, AKTIVITAS ANTIMIKROBA, DAN SITOTOKSIK DARI FRAKSI ETIL ASETAT DAUN MIANA (Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br.)

Anita, Vhiolita (2018) PENENTUAN KANDUNGAN FENOLIK TOTAL, UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, AKTIVITAS ANTIMIKROBA, DAN SITOTOKSIK DARI FRAKSI ETIL ASETAT DAUN MIANA (Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tumbuhan miana (Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br.) termasuk ke dalam famili Lamiaceae yang dikenal karena warna daunnya yang beragam. Tumbuhan ini telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk penyembuhan berbagai macam penyakit antara lain untuk penyembuhan luka, obat wasir, diare, bisul, infeksi telinga, peluruh haid dan penambah nafsu makan. Pada penelitian ini dilakukan ekstraksi dengan cara maserasi sehingga diperoleh fraksi etil asetat. Terhadap fraksi etil asetat dilakukan uji penentuan kandungan fenolik total dengan metode Folin-Ciocalteu, uji aktivitas antioksidan dengan metode DPPH, uji aktivitas antimikroba dengan metode difusi cakram terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus serta jamur Candida albicans. Uji sitotoksik dilakukan dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) dari fraksi etil asetat. Dari penelitian ini diketahui bahwa kandungan total fenolik fraksi etil asetat adalah 3,3 mg/L. Fraksi etil asetat ini menunjukkan aktivitas antioksidan yang sangat kuat dengan nilai IC50 sebesar 21,75 mg/L. Hasil uji antimikroba menunjukkan aktivitas yang sedang dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus dengan presentase daya hambat sebesar 65,26% dan 70,00% masing-masingnya dibandingkan dengan amoksilin pada konsentrasi yang sama serta sedang dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans dengan presentase daya hambat sebesar 42,85% dibandingkan dengan nistatin pada konsentrasi yang sama. Hasil uji sitotoksik menunjukkan fraksi etil asetat ini memiliki sifat toksisitas yang sedang dengan nilai LC50 yaitu sebesar 169,82 mg/L. Kata Kunci : Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br., Kandungan Fenolik Total, Antioksidan, Antimikroba, Sitotoksik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Suryati
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 20 Jul 2018 09:56
Last Modified: 20 Jul 2018 09:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35385

Actions (login required)

View Item View Item