ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH PADA SISWI DI SMA PERTIWI 1 PADANG TAHUN 2018

Yulisa, Fitri (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH PADA SISWI DI SMA PERTIWI 1 PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Anemia pada remaja putri disebabkan karena kehilangan zat besi ± 1,3 mg/hari selama menstruasi setiap bulannya. Dampak anemia pada remaja putri yaitu berkurangnya kapasitas fisik dan mental, berkurangnya konsentrasi, sehingga menjadi ancaman besar bagi kelangsungan hidup di masa depan. Salah satu upaya pemerintah mencegah anemia yaitu melaksanakan program pemberian TTD padasiswi. Pelaksanaan progam ini belum maksimal karena siswi cenderung tidak mau mengkonsumsi TTD. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap, daya terima dan dukungan sekolah dengan perilaku konsumsi TTD pada siswi. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan metode campuran (mixed method research) dilakukan bulan Juni 2018, pada 70 siswi kelas X SMA Pertiwi 1 Padang dengan teknik simple randong sampling. Informan penelitian yaitu pihak Puskesmas Air Tawar dan SMA Pertiwi 1 Padang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif mengenai pengetahuan, sikap, daya terima, dukungan sekolah, dan perilaku konsumsi TTD dilakukan menggunakan angket yang diisi oleh responden, serta didukung dengan wawancara mendalam.Untuk melihat hubungan antara pengetahuan, sikap, daya terima, dan dukungan sekolah dengan perilaku konsumsi TTD dilakukan dengan analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square nilai α = 0,05. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan (p=0,039), sikap (p=0,026) dan daya terima (p=0,006) memiliki hubungan bermakna dengan perilaku konsumsi TTD. Sedangkan dukungan sekolah (p=1,000) tidak memiliki hubungan bermakna dengan perilaku konsumsi TTD pada siswi. Kesimpulan Perilaku konsumsi TTD pada siswi ditentukan oleh pengetahuan, sikap dan daya terima terhadap TTD. Oleh karena itu perlu upaya lebih untuk meningkatkan faktor terssebut agar siswi mau mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin. DaftarPustaka :72 (1988-2018) Kata Kunci : Pengetahuan, sikap, daya terima, dukungan sekolah, perilaku konsumsi tablet tambah darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 19 Jul 2018 11:42
Last Modified: 19 Jul 2018 11:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35277

Actions (login required)

View Item View Item