HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2017

Fatimah, Sholehah (2018) HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img] Text
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Pneumonia merupakan penyakit infeksi penyebab utama kematian balita di dunia. Di Kabupaten Pesisir Selatan, jumlah kasus pneumonia balita terbanyak yaitu di wilayah kerja Puskesmas Tarusan. Prevalensi pneumonia balita di Puskesmas Tarusan yaitu, 18,1% tahun 2015, 16,9% tahun 2016 dan 14,4% tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ASI ekslusif dengan kejadian pneumonia pada balita di wilayah kerja Puskesmas Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2017. Metode Penelitian ini menggunakan desain case control study dengan matching jenis kelamin, dilakukan pada bulan Januari-Juni 2018 di wilayah kerja Puskesmas Tarusan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 40 kasus dan 40 kontrol. Analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat dengan uji Mc.Nemar dan multivariat dengan stratifikasi. Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ASI ekslusif berhubungan dengan kejadian pneumonia balita (p=0,025 dan OR=3), sedangkan status gizi (p=0,22) dan berat badan lahir (p=0,37) tidak berhubungan. Berdasarkan hasil stratifikasi terdapat pengaruh status gizi terhadap hubungan pemberian ASI ekslusif dengan kejadian pneumonia balita (∆OR=11,11%), sedangkan berat badan lahir tidak berpengaruh (∆OR=7,14%). Kesimpulan Pemberian ASI ekslusif berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita, dan status gizi merupakan confounding. Diharapkan tenaga kesehatan lebih mengutamakan upaya promosi kesehatan kepada masyarakat tentang pentingnya pemberian ASI ekslusif dan menjaga gizi anak agar tetap baik untuk mencegah penyakit pneumonia balita. Daftar pustaka : 43 (2000—2018) Kata kunci : Berat badan lahir, pemberian ASI ekslusif, pneumonia, status gizi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Fauziah Elytha, M.Sc
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2018 16:25
Last Modified: 18 Jul 2018 16:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35251

Actions (login required)

View Item View Item