HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PERAWAT TERHADAP PENCEGAHAN KEJADIAN INFEKSI NOSOKOMIAL DI RUANGAN INTERNE RSUP dr.M.DJAMIL PADANG TAHUN 2016

IRVAN, OKTA PERSADA (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PERAWAT TERHADAP PENCEGAHAN KEJADIAN INFEKSI NOSOKOMIAL DI RUANGAN INTERNE RSUP dr.M.DJAMIL PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI IRVAN OKTA PERSADA 1311216081.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan infeksi nosokomial dapat diartikan sebagai infeksi yang diperoleh atau terjadi di rumah sakit. Infeksi nosokomial menambahkan ketidakberdayaan fungsional, tekanan emosional, kecacatan sampai kematian sehingga menurunkan kualitas hidup.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan tindakan perawat terhadap pencegahan kejadian infeksi nosokomial di ruang Interne RSUP dr. M. Djamil Padang tahun 2016. Metode Penelitian ini dilakukan di ruangan Interne RSUP. dr. M.Djamil Padang. Desain penelitian cross sectional. Pelaksanaan penelitian Agustus - Desember 2016. Jumlah sampel 47 orang. Teknik penganbilan sampel simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara langsung menggunakan kuisioner, data diperoleh dan dianalisis dengan uji Chi Square pada α = 0,05 Hasil Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh pengetahuan perawat terhadap pencegahan infeksi nosokomial adalah tinggi (63,8%), lebih dari separuh perawat memiliki sikap positif (57,4%), tindakan perawat yang baik (72,3%). Tidak terdapat hubungan bermakna variabel pengetahuan (p value=0,095), variabel sikap (p value=0,062) dan terdapat hubungan yang bermakna pada variabel tindakan(p value=0,037). Kesimpulan Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap perawat terhadap pencegahan infeksi nosokomial, terdapat hubungan yang bermakna dari tindakan perawat terhadap pencegahan infeksi nosokomial. Variabel lain yang belum diteliti seperti lingkungan fisik, fasilitas/sarana kesehatan, alat-alat kesehatan dapat berpengaruh terhadap kejadian infeksi nosokomial. Daftar Pustaka : 23 (2009-2016) Kata Kunci :Infeksi nosokomial, Pengetahuan, Sikap, dan tindakan perawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Fauziah Elytha, M.Sc
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2018 15:43
Last Modified: 18 Jul 2018 15:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35216

Actions (login required)

View Item View Item