EKSTRAK DAUN ANDALAS (Morus macroura Miq.) SEBAGAI INHIBITOR RAMAH LINGKUNGAN UNTUK PENCEGAHAN KOROSI BAJA DALAM MEDIUM ASAM

Wulan, Intan Sari (2018) EKSTRAK DAUN ANDALAS (Morus macroura Miq.) SEBAGAI INHIBITOR RAMAH LINGKUNGAN UNTUK PENCEGAHAN KOROSI BAJA DALAM MEDIUM ASAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak dan Cover)
Abstrak dan Cover.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan ekstrak daun andalas (Morus macroura Miq.) sebagai inhibitor korosi baja dalam medium HCl 1 M telah diteliti dengan metode kehilangan berat (weight loss), pengukuran polarisasi potensiodinamik, spektrofometri UV-Vis , Fourier transform infrared spectroscopy (FTIR), analisis scanning electron microscopy (SEM) dan karakterisasi x-ray diffraction (XRD) . Berdasarkan metoda kehilangan berat didapatkan bahwa efisiensi inhibisi meningkat dengan meningkatnya konsentrasi dan turun dengan kenaikan suhu. Hasil perhitungan termodinamika memperlihatkan terjadinya adsorpsi ekstrak pada permukaan baja membentuk lapisan pasif yang melindungi baja dari proses korosi. Adsorpsi ekstrak pada permukaan baja mengikuti adsorpsi isotermal Langmuir, yang mengindikasikan terbentuknya lapisan monolayer. Pengukuran polarisasi potensiodinamik menunjukkan jenis inhibitor ekstrak daun andalas merupakan jenis inhibitor campuran. Mikrograf SEM menunjukkan adanya perbedaan permukaan baja yang direndam dalam medium HCl 1 M dengan dan tanpa penambahan ekstrak daun andalas. Karakterisasi menggunakan XRD membuktikan bahwa ekstrak daun andalas berperan sebagai inhibitor korosi yang efisien pada baja dalam medium asam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Emriadi, MS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 18 Jul 2018 10:46
Last Modified: 18 Jul 2018 10:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35167

Actions (login required)

View Item View Item