ANALISIS TINGKAT KEUNTUNGAN USAHA PENGGEMUKKAN TERNAK SAPI POTONG (Studi Kasus : Pada Usaha Peternakan Bapak Fauzi Marjalis di Desa Naras Hilir Kecamatan Pariaman Utara)

Albram, Qadafi (2018) ANALISIS TINGKAT KEUNTUNGAN USAHA PENGGEMUKKAN TERNAK SAPI POTONG (Studi Kasus : Pada Usaha Peternakan Bapak Fauzi Marjalis di Desa Naras Hilir Kecamatan Pariaman Utara). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS TINGKAT KEUNTUNGAN USAHA PENGGEMUKKAN TERNAK SAPI POTONG (Studi Kasus : Pada Usaha Peternakan Bapak Fauzi Marjalis di Desa Naras Hilir Kecamatan Pariaman Utara) Albram Qadafi, di bawah bimbingan Winda Sartika, S.Pt, M.Si dan Ir. Edwin Heryanto S.Pt, M.P Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis aspek teknis serta menganalisis tingkat keuntungan usaha penggemukan sapi potong pada peternakan bapak Fauzi Marjalis selama tahun 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case studi). Variabel yang diamati terdiri dari bakalan, pakan, tatalaksana penggemukan, perkandangan, pencegahan dan pengendalian penyakit, total penerimaan, total biaya produksi, pendapatan, serta ratio R/C. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan aspek teknis pada peternakan bapak Fauzi Marjalis sudah dilakukan dengan baik seperti persyaratan pemilihan bakalan sapi potong, pemberian pakan, tatalaksana penggemukan sapi potong, perkandangan, serta pengendalian dan pencegahan penyakit. Pemberian pakan hijauan untuk ternak sapi potong masih belum bisa dipenuhi dari lahan peternak sehingga peternak membeli hijauan setiap harinya. Pendapatan yang diperoleh peternak sebesar Rp. 316.312.825,-/tahun dengan rata-rata per bulan sebesar Rp. 26.359.402,-/bulan. Selama tahun 2017 peternak mendapatkan tingkat keuntungan dengan nilai R/C sebesar 1,2. Artinya usaha ini mengalami keuntungan. Penjulan sapi selama tahun 2017 sebanyak 126 ekor yang terdiri dari 14 ekor Sapi Simmental, 21 ekor Sapi Brahman, 9 ekor Sapi Limousin, 20 ekor Sapi Bali, 23 ekor Sapi Peranakan Ongole (PO) dan 39 ekor Sapi Pesisir. Kata kunci : aspek teknis, pendapatan, dan ratio R/C

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Winda Sartika, S.Pt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 18 Jul 2018 14:24
Last Modified: 18 Jul 2018 14:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35133

Actions (login required)

View Item View Item