ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2018

Chyntia, Amiroh Fathinisaa (2018) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi (RSSN) adalah sebesar 74,86. Nilai ini belum sesuai dengan standar kategori baik dari Kepmenpan No 14 tahun 2017, yaitu 76,61-88,30. Permasalahannya adalah administrasi, prosedur pelayanan, komunikasi dan sikap petugas masih mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pasien di instalasi rawat jalan RSSN tahun 2018. Metode Jenis peneltian menggunakan mixed method dengan pendekatan sequential explanatory. Penelitian kuantitatif dengan populasi 114 pasien sampel 89 pasien, dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Analisis data digunakan untuk mengukur indeks kepuasan pasien. Penelitian kualitatif dengan informan sebanyak 3 orang, teknik penentuan informan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan in depth interview, telaah dokumen, dan observasi.Pengolahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Kepuasan pasien di instalasi rawat jalan adalah sebesar 79,36.Unsur yang termasuk ke dalam kategori kurang baik adalah waktu penyelesaian, penanganan pengaduan, saran, dan masukan dan sarana dan prasarana. Penyebab rendahnya unsur tersebut disebabkan kurangnya dokter, komplain dari pasien yang harus dirapatkan terlebih dahulu, dan luas bangunan yang kecil. Kesimpulan Kepuasan pasien di instalasi rawat jalan sudah sesuai dengan standar Kepmenpan. Disarankan kepada pihak RSSN Bukittinggi untuk mempertahankan kualitas pelayanannya dalam memberikan pelayanan kepada pasien di instalasi rawat jalan. Kata Kunci : Kepuasan pasien, Instalasi Rawat Jalan, RSSN Bukittinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Sri Siswati, Apt, SH, M.Kes
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Jul 2018 11:37
Last Modified: 16 Jul 2018 11:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35090

Actions (login required)

View Item View Item