ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENYIMPANAN SERTIFIKAT HAK ATAS TANAH OLEH NOTARIS PADA PROSES PENGIKATAN JUAL BELI (PJB) (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 53/PID.B/2017/PN.BKT)

Dila, Andika Azhar (2018) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENYIMPANAN SERTIFIKAT HAK ATAS TANAH OLEH NOTARIS PADA PROSES PENGIKATAN JUAL BELI (PJB) (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 53/PID.B/2017/PN.BKT). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover-dan-Abstrak.pdf - Updated Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB-V.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Updated Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (tesis full)
tesis-Dila-Andika-Azhar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perjanjian pengikatan jual beli merupakan perjanjian pendahuluan yang dibuat oleh para pihak dihadapan Notaris sebelum dilakukanya akta jual beli di hadapan PPAT.Apabila terjadi wansprestasi terhadap pengikatan jual beli tersebut, Notaris seringkali dilaporkan kepada pihak kepolisian dengan tuduhan penggelapan karena menyimpan sertifikat hak atas tanah dalam proses perjanjian pengikatan jual beli. Sekalipun para pihak telah sepakat menitipkan atau menyimpan tanda bukti tersebut kepada Notaris. Hal ini terlihat dalam Perkara Putusan Nomor 53/Pid.B/2017/PN.Bkt pada terdakwa ElfitaAchtar, seorang notaris yang dilaporkan karena menahan dan tidak memberikan 4 (empat) sertifikat HGB milik PT. Rahman Tamin. Masalah yang diteliti dalam penulisan ini yaitu: Apakah yang menjadi alasan notaris dalam menyimpan sertifikat hak atas tanah pada proses pengikatan jual beli berdasarkan Putusan Nomor 53/Pid.B/2017/Pn.Bkt dan Bagaimana pertimbangan hakim terhadap penyimpanan sertifikat hak atas tanah oleh notaris pada proses pengikatan jual beli berdasarkan Putusan Nomor 53/Pid.B/2017/Pn.Bkt. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah yuridis normatif yang bersifat deskriptif dimana datanya bersumber dari data primer dan sekunder yang diperoleh berdasarkan studi dokumen yang dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwaPerbuatan Notaris dalam menyimpan sertifikat hak atas tanah pada pengikatan jual beli tidak memiliki pengaturan atau terdapat norma kosong di dalam UUJN akan tetapi perbuatan Notaris dalam penyimpanan sertifikat tersebut adalah untuk menjamin kepastian hukum dan memberikan perlindungan hukum terhadap para pihak karena telah adanya Akta Pengikatan Jual Beli (PJB) terhadap dua belah pihak serta di dahului dengan pembayaran DP dan juga setelah penanda tanganan pengikatan jual beli disertai pembayaran pertama.Dasar pertimbangan hakim dalam putusan tersebut, berdasarkan Pasal 16 ayat (1) huruf a UUJN yang menyatakan “dalam menjalankan jabatanya, Notaris wajib; bertindak amanah, jujur, saksama, mandiri tidak berpihak, dan menjaga kepentingan pihak yang terkait dalam perbuatan hukum, Notaris Elfita Achtar berperan untuk menjaga dan melindungi kepentingan kedua belah pihak. Penyerahan 4 buah Serfitikat HGB tidak dapat dipisahkan dalam rangka transaksi jual beli yang akan dilakukan karena telah adanya Akta Pengikatan Jual beli sehingga notaris bertanggung jawab menjamin terlaksananya pengikatan jual beli tersebut hingga dapat dilakukan Akta Jual Beli (AJB). Hal tersebut menjadi alasan pembenar dan sifat melawan hukum yang dilakukan notaris menjadi hilangbegitu pula halnya apabilanotaris menyerahkanya kepada pihak lain tentunya akan menimbulkan kerugian bagi pihak-pihak yang telah melakukan transaksi jual beli. * Kata Kunci: Penyimpanan, Sertifikat Hak Atas Tanah, Pengikatan Jual Beli

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Busyra Azheri, SH.,MH.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 12 Jul 2018 17:07
Last Modified: 12 Jul 2018 17:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35038

Actions (login required)

View Item View Item