Perbandingan Persentase Karkas (Dressing Persentage) Dan Indeks Perdagingan (Fleshing Index) Antara Kerbau Jantan Dan Betina Yang Dipotong Pada Tingkat Umur Berbeda

Fadhilatul, Hafidzh Syah (2018) Perbandingan Persentase Karkas (Dressing Persentage) Dan Indeks Perdagingan (Fleshing Index) Antara Kerbau Jantan Dan Betina Yang Dipotong Pada Tingkat Umur Berbeda. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
V. KESIMPULA DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FUL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan persentase karkas dan Indeks perdagingan antara kerbau jantan dan betina yang dipotong pada tingkat umur berbeda. Penelitian dilakukan pada tanggal 3 November 2017 sampai 23 Febuari 2018 di Rumah Potong Hewan dengan menggunakan 48 ekor kerbau yang terdiri dari 24 ekor jantan 11 ekor I2 dan 13 ekor I4 dan 24 ekor betina 11 ekor I2 dan 13 ekor I4 di potong di Rumah Potong Hewan (RPH). Metode penelitian yang digunakan adalah observasi melalui pengukuran dan penimbangan langsung di Rumah Potong Hewan. Peubah yang diukur adalah persentase karkas dan Indeks perdagingan. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa persentase karkas pada kerbau jantan I2 (50,91%) lebih tinggi dari pada Karkas kerbau betina I2 (48,58% ). Begitu juga dengan Indeks perdagingan pada kerbau jantan I4 (1,50 kg/cm) lebih tinggi dari pada Indeks perdagingan pada kerbau betina I4 (1,35 kg/cm). Kata kunci : Indeks Perdagingan, kerbau betina, kerbau jantan, Persentase Karkas, Rumah Potong Hewan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir.H. Jhon Farlis, M.Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 11 Jul 2018 15:12
Last Modified: 11 Jul 2018 15:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34985

Actions (login required)

View Item View Item