DAMPAK PEMBERIAN MIKROALGA Chlorella vulgaris TERHADAP PENINGKATAN STRES OKSIDATIF PADA MENCIT DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN

Reza, Mailinda Putri (2018) DAMPAK PEMBERIAN MIKROALGA Chlorella vulgaris TERHADAP PENINGKATAN STRES OKSIDATIF PADA MENCIT DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

INTISARI DAMPAK PEMBERIAN MIKROALGA Chlorella vulgaris TERHADAP PENINGKATAN STRES OKSIDATIF PADA MENCIT DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN Oleh: Reza Mailinda Putri (BP 1410412015) Dr. Armaini M.S*, Elida Mardiah M.S* *Pembimbing Chlorella vulgaris merupakan mikroalga yang termasuk ke dalam kelas alga hijau, mikroalga ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat menurunkan stress oksidatif. Stres oksidatif merupakan suatu kondisi ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dengan antioksidan, dimana kadar radikal bebas lebih tinggi dibandingkan antioksidan, jika radikal bebas dalam tubuh meningkat ditandai dengan naiknya kadar malondialdehid (MDA) yang merupakan penanda dari stres oksidatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efek dari pemberian mikroalga Chlorella vulgaris terhadap penurunan gula darah dan stress oksidatif pada mencit diabetes yang diinduksi aloksan. Pemberian mikroalga Chlorella vulgaris secara oral kepada mencit diabetes dilakukan selama 28 hari, terhadap 15 ekor mencit yang terdiri dari 4 kelompok diabetes dan 1 kelompok normal. Hasilnya menunjukkan kadar glukosa darah mencit mengalami kenaikan setelah diinduksi dengan aloksan selama 7 hari, dan terjadi penurunan glukosa darah setelah pemberian mirkoalga Chlorella vulgaris dosis 5mg/20g BB dan 10mg/20g BB selama 28 hari. Didapatkan kadar malondialdehid (MDA) pada mikroalga dosis 5mg/20g BB dan 10mg/20g BB yaitu 1,34 nmol/ml dan 1,94 nmol/ml. Kadar malondialdehid (MDA) kelompok diabetes yaitu sebesar 3,87 nmol/ml, kadar malondialdehid (MDA) kelompok normal yaitu sebesar 2,16 nmol/ml dan kadar malondialdehid (MDA) kelompok obat glibenlamid yaitu 2,76 nmol/ml. Kadar enzim katalase pada kelompok normal yaitu sebesar 9,08 unit/mg, kadar enzim katalase kelompok diabetes yaitu 7,83 unit/mg, kadar enzim katalase kelompok obat glibenclamid yaitu 9,42 unit/mg dan kadar katalase pada kelompok pemberian mikroalga dosis 5mg/20g BB dan 10mg/20g BB yaitu 8,32 unit/mg dan 8,03 unit/mg. Dapat disimpulkan mikroalga Chlorella vulgaris dapat menurunkan kadar gula darah dan stress oksidatif pada mencit diabetes yang diinduksi aloksan. Kata kunci : Chlorella vulgaris, malondialdehid (MDA), katalase (CAT), aloksan, stres oksidatif, diabetes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Armaini MS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 10 Jul 2018 10:59
Last Modified: 10 Jul 2018 10:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34970

Actions (login required)

View Item View Item