Uji Daya Hambat Filtrat Bakteriosin Lactobacillus plantarum yang diisolasi dari Dadih Terhadap Pertumbuhan Escherichia coli ATCC 25922

Imam, Surkani (2018) Uji Daya Hambat Filtrat Bakteriosin Lactobacillus plantarum yang diisolasi dari Dadih Terhadap Pertumbuhan Escherichia coli ATCC 25922. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lactobacillus plantarum merupakan salah satu jenis bakteri asam laktat, yang dapat menghasilkan bakteriosin sebagai suatu senyawa antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kadar Hambat Minimal (KHM) dan Kadar Bunuh Minimal (KBM) dari filtrat bakteriosin L. plantarum yang diisolasi dari dadih dalam menghambat pertumbuhan Escherichia coli ATCC 25922 secara invitro. Penelitian daya hambat filtrat bakteriosin L.plantarum terhadap pertumbuhan E. coli dilakukan dengan teknik dilusi dan desain penelitian Rancangan Acak Lengkap. Filtrat bakteriosin dibagi dalam berbagai konsentrasi yaitu 100%, 80%, 60%, 40%, 20%, dan 0%(kontrol). Nilai KHM dan KBM ditentukan dengan menghitung jumlah koloni bakteri yang tumbuh dari masing-masing konsentrasi. Hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan uji One-way ANOVA dan Post-Hoc LSD. Hasil penelitian menunjukkan filtrat L. plantarum dapat menghambat pertumbuhan E. coli. Nilai KHM filtrat bakteriosin L. plantarum berada pada konsentrasi 60% sedangkan untuk KBM tidak dapat diidentifikasi. Uji One-way ANOVA dan Post-Hoc LSD memperlihatkan terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) pada setiap konsentrasi filtrat bakteriosin L. plantarum. Hal ini menunjukkan bahwa filtrat bakteriosin L. plantarum memiliki efek bakteriostatik terhadap pertumbuhan E. coli tetapi tidak memiliki efek bakterisidal. Kemampuan daya hambat bakteriosin L. plantarum terhadap pertumbuhan E. coli dipengaruhi oleh konsentrasi filtrat bakteriosinnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 06 Jul 2018 16:16
Last Modified: 06 Jul 2018 16:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34948

Actions (login required)

View Item View Item