Hubungan Kadar Glukosa Darah dengan Laju Filtrasi Glomerulus pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik disertai Diabetes Melitus tipe 2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Fama, Setiawati (2018) Hubungan Kadar Glukosa Darah dengan Laju Filtrasi Glomerulus pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik disertai Diabetes Melitus tipe 2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit ginjal kronik merupakan suatu proses patofisiologi pada ginjal dengan etiologi beragam yang mengakibatkan penurunan fungsi ginjal secara progresif dan akan berakhir pada gagal ginjal. Penyakit ginjal kronik pada dewasa sekitar 33% disebabkan oleh diabetes melitus. Meningkatnya kadar glukosa darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal yang ditandai dengan menurunnya laju filtrasi glomerulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar glukosa darah dengan laju filtrasi glomerulus pada pasien penyakit ginjal kronik disertai diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain retrospektif menggunakan data sekunder pasien penyakit ginjal kronik disertai diabetes melitus tipe 2 di RSUP Dr. M Djamil Padang. Hasil penelitian didapatkan rerata kadar glukosa darah puasa 174,37 mg/dl, rerata glukosa darah postprandial 247,67 mg/dl, dan rerata laju filtrasi glomerulus 55,57 ml/min/1,73 m2. Hasil uji korelasi menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kadar glukosa darah puasa dengan laju filtrasi glomerulus (r= -0,098; p= 0,530) dan kadar glukosa darah post prandial dengan laju filtrasi glomerulus (r= -0,221; p= 0,154). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara kadar glukosa darah dengan laju filtrasi glomerulus pada pasien penyakit ginjal kronik disertai diabetes melitus tipe 2 di RSUP Dr. M Djamil Padang Kata kunci : Kadar gula darah puasa, kadar gula darah post prandial, diabetes melitus tipe 2, dan penyakit ginjal kronik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Eva Decroli, SpPD-KEMD, FINASIM
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 28 Jun 2018 10:45
Last Modified: 28 Jun 2018 10:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34875

Actions (login required)

View Item View Item