GAMBARAN BAKTERI PADA KRAN AIR DAN TOMBOL FLUSH KLOSET DUDUK DI TOILET UMUM LINGKUNGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2018

Ria, Maryanti (2018) GAMBARAN BAKTERI PADA KRAN AIR DAN TOMBOL FLUSH KLOSET DUDUK DI TOILET UMUM LINGKUNGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kran air dan tombol flush kloset merupakan kelengkapan toilet umum dan sering digunakan masyarakat. Penggunaan toilet umum terutama kran air dan tombol flush kloset yang bergantian oleh masyarakat dapat menjadi media tempat hidup bakteri dan penularan penyakit, tetapi menjadi terabaikan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bakteri pada kran air dan tombol flush kloset di toilet umum Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Juli 2017-April 2018. Populasi penelitian adalah toilet umum di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sampel penelitian adalah bagian dari populasi yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak eksklusi. Analisis pada 48 sampel, didapatkan bakteri pada kran air adalah Bacillus sp. 18 isolat, E.coli 2 isolat, Klebsiella sp. 2 isolat, dan S. aureus 2 isolat. Bakteri pada tombol flush kloset adalah Bacillus sp. 14 isolat, E. coli 4 isolat, Klebsiella sp. 2 isolat, S. aureus 3 isolat, dan P. aeruginosa 1 isolat. Pada penelitian ini disimpulkan bakteri yang ditemukan adalah Bacillus sp. sebanyak 32 (66,67%), E. coli 6 (12,50%), S. aureus 5 (10,42%), Klebsiella sp.4 (8,33%), dan P. aeruginosas 1 (2,08%). Oleh karena itu, bagi pengguna toilet diharapkan mencuci tangan menggunakan air dan sabun, sedangkan bagi petugas kebersihan diharapkan membersihkan kran air dan tombol flush kloset. Kata kunci : kran air, tombol flush kloset, bakteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. netti suharti, M.Kes
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 26 Jun 2018 16:23
Last Modified: 26 Jun 2018 16:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34866

Actions (login required)

View Item View Item