MANAJEMEN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) SAMPAH REGIONAL PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM PENGELOLAAN TPA SAMPAH REGIONAL PAYAKUMBUH

Mutyara, Denorita (2018) MANAJEMEN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) SAMPAH REGIONAL PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM PENGELOLAAN TPA SAMPAH REGIONAL PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK (1).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI MUTYARA DENORITA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mutyara Denorita (1110841009). Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2018. “Manajemen Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Regional Provinsi Sumatera Barat Dalam Pengelolaan TPA Regional Payakumbuh. Pembimbing I Drs. Yoserizal M.Si dan Pembimbing II Roza Liesmana S.IP.M.Si Sampah merupakan salah satu masalah yang kompleks dihadapi oleh negara-negara berkembang maupun di negara-negara maju di dunia. Oleh karena itu Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah regional perlu menetapkan kebijakan dan strategi dalam penanganan masalah persampahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) TPA Sampah Regional Sumatera Barat dalam pengelolaan TPA sampah regional Payakumbuh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling yang dilaksanakan pada bulan Februari s.d April di UPTD TPA sampah regional Sumatera Barat di Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada informan yang dipilih sebagai sampel penelitian, pengamatan dan telaah dokumentasi. Responden dalam penelitian ini sebanyak empat orang. Hasil penelitian analisis manajemen UPTD TPA Sampah Regional Sumatera Barat berdasarkan komponen manajemen yang terdiri dari Perencanaan, pengorganisasian, pengumpulan sumber, pengendalian kerja dan pengawasan. Pada setiap komponen terdiri dari beberapa indikator. Berdasarkan indikator pada komponen yang diteliti manajemen UPTD TPA sampah regional sumatera barat dalam pengelolaan TPA regional payakumbuh sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan yang diterapkan untuk mengantisipasi TPA yang tidak beraturan. Namun ada beberapa poin yang belum terlaksana yaitu: pengawasan langsung oleh pimpinan kepada bawahan yang belum terlaksana sesuai dengan prosedur. KesimpulanManajemen UPTD TPA Sampah Regional Sumatera Barat dalam pengelolaan TPA regional Payakumbuh sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan ditetapkan. Terlaksananya pengelolaan sampah TPA regional payakumbuh dengan baik dapat mengantisipasi TPA yang tidak beraturan dan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Disarankan kepada pengelola UPTD TPA sampah regional Sumatera barat melakukan pengawasan lebih maksimal, dan menambah kerja sama dengan kabupaten/kota lain dalam pelayanan pengelolaan sampah. Kata Kunci : Manajemen, TPA Sampah, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. YOSERIZAL, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 07 Jun 2018 14:42
Last Modified: 07 Jun 2018 14:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34821

Actions (login required)

View Item View Item