ANALISIS KINERJA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WA TAMWIL (KJKS BMT) DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA PADANG

MIRA, FEBRIANI (2018) ANALISIS KINERJA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WA TAMWIL (KJKS BMT) DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
MF1.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
MF2.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
MF3.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
MF4.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img] Text (TESISFULLTEXT)
Tugas akhir ilmiah utuh(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil (KJKS BMT) merupakan lembaga Keuangan Mikro Simpan Pinjam yang didirikan oleh pemerintah di masing - masing kelurahan Kota Padang. Dengan adanya KJKS BMT ini sangat membantu masyarakat miskin pada umumnya terutama para pelaku usaha mikro yg sulit mendapatkan pinjaman dari bank. Metode pengumpulan data primer dan sekunder melalui studi pustaka, observasi lapangan, dan kuisioner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja KJKS BMT terhadap pengentasan kemiskinan di Kota Padang, dilihat dari rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kinerja KJKS BMT baik. Dimana, Cash Ratio sebanyak 25 unit atau 46,30% KJKS BMT berada pada posisi sangat baik dan 4 unit atau 7,41% KJKS BMT berada pada posisi tidak baik. Total Debt to Total Asset Ratio, sebanyak 52 unit atau 96,30% KJKS BMT berada pada posisi yang sangat baik dan 2 unit atau 3,70% KJKS BMT berada pada posisi baik. ROA, sebanyak 45 unit atau 83,33% KJKS BMT efektif sedangkan 9 unit atau 16,67% KJKS BMT lagi tidak efektif. ROE, sebanyak 46 unit atau 85,19% KJKS BMT baik dan 8 unit atau 14,81% KJKS BMT lagi buruk. Dapat dilihat juga bahwa pengentasan kemiskinan ini dilihat berdasarkan jumlah pendapatan. Yang mana Pendapatan Anggota KJKS BMT dipengaruhi oleh ketiga variabel independen yaitu Total Pinjaman , Durasi Keanggotaan, dan Lama Usaha Anggota hanya variabel Total Pinjaman dan Durasi Keanggotaannya yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Rumah Tangga Miskin anggota KJKS BMT di Kota Padang. Kata Kunci : Kinerja KJKS BMT, Pendapatan Anggota KJKS BMT.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Adrimas, SE. MA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 07 Jun 2018 11:47
Last Modified: 07 Jun 2018 11:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34815

Actions (login required)

View Item View Item