PERSINGGAHAN KAPAL MOTOR KERINCI DI PELABUHAN TELUK BAYUR

Dzikri, Akbar (2018) PERSINGGAHAN KAPAL MOTOR KERINCI DI PELABUHAN TELUK BAYUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA 2 (1).pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
pdfjoiner.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai sejarah pelayaran Kapal Motor Kerinci miik PT Pelayaran Nasional Indonesia atau yang sering disebut dengan Pelni. Fokus penelitian ini lebih menekankan pada Kapal Motor Kerinci dan pelabuhan Teluk Bayur, dikarenakan pelabuhan Teluk Bayur merupakan pelabuhan pertama bagi Kapal Motor Kerinci dalam melakukan pelayaran ke beberapa tempat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode yang di gunanakan dalam penelitian sejarah. Metode sejarah terdiri dari empat tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Tahap pertama dalam metode sajarah ialah heuristik yang merupakan pengumpulan data baik data tertulis maupun data lisan, data tertulis berupa dokumen dan arsip, dan data lisan di dapatkan dari proses wawancara terhadap narasumber yang berkaitan dengan studi penelitian. Tahap kritik merupakan tahapan pemilihan data-data yang telah didapatkan untuk dilakukan proses penyaringan data yang telah didapatkan dengan cara di kritik secara intern maupun ekstern. Tahapan yang ketiga merupakan interpretasi yang merupakan analisis hasil yang telah dilakukan dalam proses kritik, yang selanjutnya pada tahap terakhir yang merupakan penulisan sejarah yang biasa di sebut dengan historiografi. Kapal Motor Kerinci merupakan salah satu armada penyumbang jasa angkutan dengan pengangkut terbesar di Sumatera Barat. sejak melakukan Pelayarannya kapal Kerinci sangat diminati oleh para pengguna jasa transportasi laut, dibandingkan dengan transportasi darat dan udara. Kapal merupakan transportasi yang terjangkau untuk masyarakat menengah kebawah. Selama 3 dekade kapal Kerinci melakukan Pelayaranya di laut-laut Indonesia. Pada tahun 1984 kapal Kerinci mulai beroperasi hingga tahun 2002 kapal Kerinci menghentikan Pelayaranya dari dan menuju pelabuhan Teluk Bayur. Banyak faktor yang mempengaruhi kapal Kerinci dihentikan, seperti menurunya minat masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi laut, perbaikan yang dilakukan pemerintah pada jalan darat maupun penerbangan udara di daerah kota Padang. Pasca berhentinya pelayaran dari dan menuju pelabuhan Teluk Bayur, pelayaran Kapal Kerinci dialihkan di pelayaran Indonesia bagian timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mhd. Nur, M.S
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 28 May 2018 12:43
Last Modified: 28 May 2018 12:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34772

Actions (login required)

View Item View Item