Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Daun Tapak Liman (Elephantopus scaber Linn.) terhadap Haematopoietik Mencit Putih Jantan Anemia

Nabila, Rifa (2018) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Daun Tapak Liman (Elephantopus scaber Linn.) terhadap Haematopoietik Mencit Putih Jantan Anemia. Diploma thesis, Universis Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tapak Liman (Elephantopus scaber Linn.) telah dieksplorasi untuk sejumlah besar garam seperti mineral terutama besi. E. Scaber dikenal memiliki beberapa aktivitas biologis, termasuk aktivitas hematopoetik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki aktivitas haematopoietik dari Tapak Liman (Elephantopus scaber Linn.). E. scaber kering dan bubuk daun dibuat menjadi ekstrak etanol. Penelitian ini diamati selama 28 hari. Kelompok pertama hewan percobaan yang digunakan tidak diberi perlakuan, tiga kelompok berikutnya menerima 100, 30 dan 10 mg/kg ekstrak etanol E.scaber dan kelompok kelima sisanya diinduksi dengan 130 mg/kg kloramfenikol. Hewan percobaan diinduksi dengan kloramfenikol 130 mg/kg pada hari 1-14 untuk mengalami anemia, kemudian ekstrak etanol daun E. scaber diberikan pada hari ke 15-28 secara oral dengan dosis bervariasi. Pengamatan dilakukan pada hari ke 0, 14, 21 dan 28. Parameter yang diamati adalah nilai eritrosit, kadar hemoglobin, nilai retikulosit, dan nilai hematokrit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun E.scaber yang diberikan dapat meningkatkan nilai eritrosit, kadar hemoglobin, nilai retikulosit, dan nilai hematokrit pada tikus putih setelah dianalisis dengan ANOVA dua arah, dan menunjukkan hasil yang signifikan (P <0,05). Kata kunci : Elephantopus scaber L, ekstrak etanol, haematopoietik, eritrosit, hematokrit, hemoglobin, retikulosit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. Yufri Aldi, M. Si, Apt
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 May 2018 15:24
Last Modified: 25 May 2018 15:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34771

Actions (login required)

View Item View Item