EFEK POLITIK LOKAL TERHADAP PERUBAHAN ALOKASI BELANJA PEMERINTAH DAERAH DAN OUTCOME ANGGARAN (Studi Empirik pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Indonesia)

RADEN, YUDI PRAWIRA ANJAYA (2017) EFEK POLITIK LOKAL TERHADAP PERUBAHAN ALOKASI BELANJA PEMERINTAH DAERAH DAN OUTCOME ANGGARAN (Studi Empirik pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Indonesia). Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vii)
BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img] Text (disertasi full text)
DISERTASI RADEN YUDI PRAWIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ada banyak faktor yang menjadi penentu ukuran dan struktur belanja pemerintah daerah. Menurut Musgrave (1989), Alesina dan Wacziarg (1998) ukuran dan struktur belanja pemerintah dipengaruhi oleh standar ekonomi dan standar demografi seperti tingkat pendapatan, tingkat pertumbuhan, jumlah penduduk, struktur demografi dan tingkat partisipasi perdagangan. Disisi lain, alternatif standar yang digunakan untuk menjelaskan ukuran dan struktur belanja adalah adalah variabel politik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh politik lokal terhadap perubahan alokasi belanja pemerintah daerah di Indonesia serta pengaruh kondisi politik lokal dan belanja pemerintah daerah terhadap perubahan pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan di daerah. Dalam penelitian ini digunakan 2 metode analisis, untuk variabel kedekatan politik eksekutif dan legislatif serta periode jabatan politik digunakan regresi dengan panel data, sementara untuk variabel politik lokal lainnya yaitu kekuatan politik, partisipasi politik dan ideologi politik digunakan data cross section dengan regresi ordinary least square (OLS). Sampel yang digunakan sebanyak 456 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia periode tahun 2010-2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedekatan politik berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan memiliki koefisien negatif sementara terhadap kemiskinan daerah juga berpengaruh siginfikan dengan koefisien positif. Periode jabatan politik mempengaruhi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan memiliki koefisien negatif, akan tetapi pengaruh periode jabatan politik tersebut terhadap kemiskinan tidak signifikan. Kekuatan politik mempengaruhi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan memiliki koefisien negatif. Partisipasi politik mempengaruhi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan memiliki koefisien negatif, akan tetapi pengaruh partisipasi politik terhadap kemiskinan daerah tidak signifikan. Pengaruh ideologi politik terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kemiskinan daerah daerah tidak signifikan Kata Kunci : ekonomi politik, belanja pemerintah, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan daerah

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Dr. Hefrizal Handra, M.Soc, Sc,
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Ilmu Ekonomi
Date Deposited: 22 May 2018 10:18
Last Modified: 22 May 2018 10:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34754

Actions (login required)

View Item View Item