ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN GULA MERAH DI NAGARI BUKIK BATABUAH KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM

WINDU, SATYADI (2018) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN GULA MERAH DI NAGARI BUKIK BATABUAH KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
merged.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
7. BAB I WINDU.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
11. BAB V WINDU.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA windu.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
merged (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran dan fungsi pemasaran serta menganalisa efisiensi pemasaran gula merah di Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan menggukan metode survey. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Simple Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 saluran pemasaran, (1) petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer (Koto Baru); (2) petani – pedagang pengumpul -pedagang besar – pedagang pengecer (Padang). Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu (1) petani melakukan fungsi pertukaran (penjualan), fungsi fisik(pengangkutan, fungsi fasilitas (pembiayaan dan informasi pasar; (2) pedagang pengumpul melakukan pertukaran (pembelian dan penjualan), fungsi fisik (penyimpanan dan pengangkutan), fungsi fasilitas(pembiyaan dan informasi pasar); (3) pedagang besar melakukan fungsi pertukaran (pembelian dan penjualan), fungsi fisik (pengangkutan dan penyimpanan), fungsi fasilitas (pembiayaan dan informasi pasar); (4) pedagang pengecer melakukan fungsi pertukaran (pembelian dan penjualan, fungsi fisik (pengangkutan dan penyimpanan), fungsi fasilitas (pembiayaan dan informasi pasar). Berdasarkan analisis amrgin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran, maka saluran yang paling efisien adalah saluran 1 terdiri dari petani, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nofialdi, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 May 2018 10:41
Last Modified: 21 May 2018 10:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34744

Actions (login required)

View Item View Item