THE ANALYSIS OF THE MAIN CHARACTER’S RESISTANCE AGAINST TRAUMATIC EXPERIENCE AS SEEN IN FRANCES HUDGSON BURNETT’S THE SECRET GARDEN : FREUD’S TRIPARTITE MODEL ANALYSIS

Brian, Cesar (2018) THE ANALYSIS OF THE MAIN CHARACTER’S RESISTANCE AGAINST TRAUMATIC EXPERIENCE AS SEEN IN FRANCES HUDGSON BURNETT’S THE SECRET GARDEN : FREUD’S TRIPARTITE MODEL ANALYSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter-I)
CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter-IV)
CHAPTER 4.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bibliography)
BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas dampak yang ditimbulkan oleh penolakan orang tua terhadap pertumbuhan anak sebagaimana diceritakan dalam novel The Secret Garden karya Francis Hudgson Burnett. Tokoh utama, Mary Lennox, dibiarkan hidup tanpa mendapat kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Hal ini memberikan dampak besar terhadap perkembangan Mary, baik secara mental maupun fisik. Peran ‘taman rahasia’ serta beberapa karakter yang muncul dalam cerita, memberi kontribusi besar dalam perkembangan Mary untuk menjadi pribadi yang lebih baik dibantu dengan teori dari Sigmund Freud tentang “id, ego dan superego” atau lebih dikenal dengan istilah “teori tripartite”. Hasil penelitian ini adalah bagaimana kontribusi dari taman rahasia untuk membantu Mary menjadi pribadi yang lebih baik. Taman rahasia memiliki peran utama dalam membantu Mary untuk memahami dirinya sendiri, ditunjang dengan bantuan karakter lain yang memunculkan dorongan dari “id” dan “superego”nya Mary. Kata Kunci: penolakan orang tua, pengalaman traumatis, teori tripartite.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gindho Rizano, S.S, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 18 May 2018 10:11
Last Modified: 18 May 2018 10:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34705

Actions (login required)

View Item View Item