KEWENANGAN PEMBERIAN IZIN TERHADAP KEGIATAN USAHA TOKO ROKOK ELEKTRIK ( VAPE HOUSE ) SEBAGAI BAGIAN DARI USAHA MIKRO DI KOTA PADANG

MUHAMMAD, GHAZI ALIYANOV (2018) KEWENANGAN PEMBERIAN IZIN TERHADAP KEGIATAN USAHA TOKO ROKOK ELEKTRIK ( VAPE HOUSE ) SEBAGAI BAGIAN DARI USAHA MIKRO DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
FULLLL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan usaha jual – beli merupakan salah satu sektor yang sangat berperan dalam proses pembangunan dan pengembangan suatu wilayah yang dimana dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan suatu daerah maupun bagi masyarakat. Salah satu peran pemerintah selaku penguasa terhadap aktivitas masyarakat adalah melalui mekanisme perizinan. Melalui perizinan pemerintah dapat mengatur semuanya, mulai dari mengarahkan, melaksanakan, bahkan mengendalikan aktivitas masyarakat, serta melalui perizinan pula setiap aktivitas dapat dilegalkan. Sejalan dengan perkembangan usaha dan teknologi di zaman sekarang ini yang semakin pesat, dan beragamnya kebutuhan masyarakat terhadap gaya hidup, maka muncul lah teknologi yang bernama Vape/Vaporizer yang dimana dapat kita jumpai penjualannya pada Vape House/Vape Shop atau yang bisa disebut dengan toko rokok elektrik di Kota Padang. Masih adanya beberapa pelaku usaha yang tidak mengurus izin padahal ini sangat penting untuk, serta masih banyak para pelaku usaha tersebut yang tidak mengurus izin usahanya dalam bentuk SIUP padahal izin usaha tersebut berfungsi sebagai alat pemerintah dalam menjalankan peran pengawasannya dalam bidang perdagangan serta melindungi para pengusaha secara hukum dalam kegiatannya. Rumsan masalah yang muncul adalah: 1. Bagaimana prosedur pemberian izin kegiatan usaha perdagangan di Kota Padang? 2. Apakah kendala yang dihadapi dalam proses pengajuan izin kegiatan usaha perdagangan di Kota Padang? 3. Bagaimana tindakan pemerintah kota Padang terhadap pelaku usaha toko Vape House / Vape Shop di kota padang yang tidak memiliki izin usaha? Metode penelitian yang dipakai adalah Yuridis Empiris dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini diantaranya: 1. Jenis usaha toko Vape adalah usaha yang berkaitan dengan industri rokok dan merupakan Usaha Mikro, sehingga proses perizinannya berdasarkan rekomendasi Dinas Perdagangan dan BPOM Kota Padang, 2. Tindakan yang dilakukan oleh DPM-TPSP dan Dinas Perdagangan Kota Padang sebagai pelimpahan (delegasi) kewenangan Pemerintah Kota Padang adalah terus menghimbau para pelaku usaha untuk mengurus perizinan usaha mereka dan melakukan sosialisasi serta konsultasi terkait pelaku usaha yang ingin melakukan pengurusan izin usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Syofiarti, SH., M.Hum
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 18 May 2018 09:52
Last Modified: 18 May 2018 09:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34692

Actions (login required)

View Item View Item