Analisis Daya Cerna Pati pada Tepung Modifikasi Pati Resisten Tipe III pada Tepung Beras Pulen (Oryza sativa), Tepung Beras Non Pulen (Oryza sativa`), Tepung Beras Merah (Oryza sativa Nivara), dan Tepung Beras Hitam (Oryza sativa L. Indica)

Gita, Puspita (2018) Analisis Daya Cerna Pati pada Tepung Modifikasi Pati Resisten Tipe III pada Tepung Beras Pulen (Oryza sativa), Tepung Beras Non Pulen (Oryza sativa`), Tepung Beras Merah (Oryza sativa Nivara), dan Tepung Beras Hitam (Oryza sativa L. Indica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cove dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB1.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya cerna pati, kandungan amilosa, dan kandungan pati resisten tepung modifikasi pati resisten tipe III pada tepung beras pulen, tepung beras non pulen, tepung beras merah, dan tepung beras hitam serta mengetahui hubungan antara daya cerna pati dan kandungan pati resisten tepung modifikasi pati resisten tipe III dari keempat jenis tepung beras sehingga didapatkan hasil terbaik untuk dijadikan pangan fungsional bagi yang melakukan program diet. Penelitian ini menggunakan rancangan eksploratif dengan dua kali ulangan. Pengamatan yang dilakukan terhadap tepung beras dan tepung modifikasi pati resisten tipe III yaitu kadar air, kadar abu, dan daya cerna pati dan pengamatan yang dilakukan pada tepung modifikasi pati resisten tipe III adalah kadar pati resisten, kadar amilosa, dan total energi. Dari hasil pengujian daya cerna pati didapatkan hasil masing-masingnya yaitu pada tepung beras hitam 53,59%, tepung beras merah 58,43%, tepung beras non pulen 60,60%, dan tepung beras pulen 65,19%. Kemudian pada pengujian kadar pati resisten pada tepung modifikasi pati resisten tipe III didapatkan hasil masing-masingnya yaitu pada tepung beras hitam 36,59%, tepung beras merah 35,20%, tepung beras non pulen 31,92%, dan tepung beras pulen 27,48%. Serta pada pengujian kadar amilosa pada tepung modifikasi pati resisten tipe III didapatkan hasil yaitu pada tepung beras hitam 18,58%, tepung beras merah 22,34%, tepung beras non pulen 30,79%, dan tepung beras pulen 19,76%. Daya cerna pati terendah dan kandungan pati resisten tertinggi terdapat pada tepung beras hitam. Sehingga tepung beras hitam merupakan tepung beras yang paling cocok untuk dijadikan sebagai pangan fungsional bagi orang yang melakukan program diet, dibandingkan ketiga jenis tepung beras lainnya. Kata kunci - daya cerna pati, tepung modifikasi pati resisten tipe III, tepung beras pulen, tepung beras non pulen, tepung beras merah, tepung beras hitam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 18 May 2018 09:17
Last Modified: 18 May 2018 09:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34683

Actions (login required)

View Item View Item