PERAN UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES (UNHCR) DALAM PEMBERIAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGUNGSI AFGHANISTAN (2014) DITINJAU MENURUT HUKUM PENGUNGSI INTERNASIONAL

Rahmat, Rizki (2018) PERAN UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES (UNHCR) DALAM PEMBERIAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGUNGSI AFGHANISTAN (2014) DITINJAU MENURUT HUKUM PENGUNGSI INTERNASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengungsi merupakan salah satu permasalahan internasional yang sampai saat sekarang ini menjadi kendala, dikarenakan sudah melintasi batas negara dan merupakan tanggung jawab dunia internasional. Pada dasarnya, setiap pengungsi yang mencari suaka ke negara lain berhak mendapatkan perlindungan hukum serta keselamatan dan keamanan dari bahaya yang mengancam dan dijamin oleh negara tujuan. Organisasi internasional yang mengurusi permasalahan pengungsi tersebut adalah UNHCR yang berada dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Permasalahan pengungsi tersebut salah satunya berasal dari negara Afghanistan, dimana penyebab terjadinya pengungsi dikarenakan ada faktor politik, ekonomi, perang saudara dan perang terhadap negara lain. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui peran UNHCR dalam memberikan perlindungan terhadap pengungsi terkhusus pada pengungsi asal Afghanistan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah yuridis normatif yang bersifat kualitatif dengan rumusan masalah 1. Bagaimana peran UNHCR dalam memberikan perlindungan hukum terhadap pengungsi berdasarkan Hukum Pengungsi Internasional, 2. Bagaimana bentuk peran UNHCR dalam memberikan perlindungan hukum terhadap pengungsi Afghanistan tahun 2014 berdasarkan hukum pengungsi internasional. Dari hasil kajian secara komprehensif terhadap objek penelitian penulis menemukan hasil sebagai berikut: Pertama, menurut Konvensi Pengungsi Internasional UNHCR sendiri memiliki tugas dalam mengkoordinasi bantuan, memberikan perlindungan serta mencarikan solusi bagi para pengungsi internasional dibawah mandat PBB sendiri. Kedua, dalam pelaksanaan implementasi dalam memberikan perlindungan terhadap pengungsi, UNHCR pada tahun 2014 mempunyai program penting untuk pengungsi Afghanistan yaitu Strategi Solusi untuk Pengungsi Afghanistan (SSAR), 5 program penting yang dilakukan UNHCR 1. Pemulangan sukarela, 2. Program perlindungan dan pentingnya layanan sosial, 3. Program mata pencaharian dan akses terhadap makanan, 4. Program tempat perlindungan, 5. Program pengembangan kapasitas. Kata Kunci: Peran UNHCR, Perlindungan Hukum, Hukum Pengungsi Internasional dan Pengungsi Afghanistan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mardenis, S.H., M.Si
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 17 May 2018 11:55
Last Modified: 17 May 2018 11:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34641

Actions (login required)

View Item View Item