PENAPISAN ISOLAT RIZOBAKTERIINDIGENOS UNTUK PENGENDALIAN (Ganoderma boninense) PENYEBAB PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG DI PEMBIBITAN AWAL TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

Imam, Rifai (2018) PENAPISAN ISOLAT RIZOBAKTERIINDIGENOS UNTUK PENGENDALIAN (Ganoderma boninense) PENYEBAB PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG DI PEMBIBITAN AWAL TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rizobakteri merupakan kelompok bakteri yang aktif mengkolonisasi akar tanaman, meningkatkan pertumbuhan dan mengendalikan patogen tanaman. Penelitian bertujuan untuk memperoleh isolat rizobakteri indigenos (RBI) yang mampu meningkatkan pertumbuhan dan mengendalikan penyakit busuk pangkal batang bibit kelapa sawit secara in planta serta karakterisasi kemampuan antagonisnya secara in vitro. Penelitian bersifat eksperimental terdiri atas 3 tahap dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL).(1) isolasi rizobakteri indigenos di daerah PTPN IV (2) Pengujian isolat rizobakteri indigenos (RBI) sebagai plant growth promoting rihzobacteria (PGPR) dan untuk pengendalian Ganoderma boninense pada pembibitan awal kelapa sawit terdiri dari 29 perlakuan (27 isolat RBI, tanpa inokulasi Ganoderma boninense sebagai kontrol positif, dan inokulasi Ganoderma boninense sebagai kontrol negatif) dengan masing-masing 5 ulangan, serta (3) pengujian karakter antagonis RBI dalam menekan Ganoderma boninense. Data dianalisis dengan sidik ragam dan apabila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Least SignificanceDifferent (LSD) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan dua isolat RZ2E 1.2 dan RZ2E 2.1 mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan efektivitas 32.9 % dan 37.18 %. Tujuh isolat RZ2E 2.1, RZ1A 2.1, RZ1E 1.2, RZ2B 1.1 RZ2C 2.1, RZ1E 2.1 dan RZ2E 1.2 mampu menekan perkembangan G.boniense dengan efektivitas 100 %. Dua isolat terbaik RZ2E 2.1 dan RZ2E 1.2 mampu meningkatkan pertumbuhan dan menekan perkembangan G. boninense Kata kunci: in planta, Ganoderma boninense, rizobakteri indigenos, bibit kelapa sawit

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Efren Nova, SH., MH
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 16 May 2018 15:20
Last Modified: 16 May 2018 15:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34627

Actions (login required)

View Item View Item