“PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK MILIK ATAS TANAH PADA KAWASAN BEKAS PANGKALAN UDARA DI NAGARI GADUIK KABUPATEN AGAM”

Wulan, Sari (2018) “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK MILIK ATAS TANAH PADA KAWASAN BEKAS PANGKALAN UDARA DI NAGARI GADUIK KABUPATEN AGAM”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK (pemimbing).pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam upaya untuk memberi perlindungan hukum terhadap pemegang sertipikat hak atas tanah maka Undang-undang Pokok Agraria telah mewajibkan kepada pemerintah supaya melaksanakan kegiatan pendaftaran tanah di seluruh Wilayah Republik Indonesia, yang dalam kegiatannya baik dilaksanakan secara sistematik maupun sporadik dengan menyerahkan sertipikat hak atas tanah sebagai alat pembuktian yang kuat bagi pemegangnya. Kajian lebih kritis tentang pemberian pelindungan hukum terhadap pemegang sertipikat hak atas tanah yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Masalah perlindungan hukum terhadap pemegang hak atas tanah menyangkut klaim serta penguasaan atas hak tanah yang telah memiliki sertipikat. Yang menjadi persolan dalam penelitian ini : 1) Bagaimana Proses Pendaftaran Tanah di Kawasan Bekas Pangkalan Udara Nagari Gaduik Kabupaten Agam Yang Sekarang di Blokir? 2) Mengapa Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Agam Memblokir Sertipikat Tanah Di Kawasan Bekas Pangkalan Udara Nagari Gaduik Kabupaten Agam ?. 3) Bagaimana Perlindungan Hukum Terhadap Tanah Yang Telah Memiliki Sertipikat?. Penelitian ini bersifat deskriptif, pendekatan yuridis sosiologis, teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses pendaftaran tanah yang dilakukan di kawasan bekas pangkalan udara sesuai dengan prosedur perundang-udangan. Terjadinya Pemblokiran sertipikat Hak Milik Atas tanah oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Agam disebabkan adanya permohonan pemblokiran oleh TNI AURI Sutan Sjahrir Padang. Sertipikat hak atas tanah disebut sebagai bukti terkuat dalam membuktikan hubungan hukum dari suatu hak atas tanah. Kata kunci : Pendaftaran Tanah, Pemblokiran, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Kurnia Warman, S.H, M.Hum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 16 May 2018 12:56
Last Modified: 16 May 2018 12:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34567

Actions (login required)

View Item View Item