Muhammad, Idil Fitra (2018) Analisa Jenis Window Terhadap Kinerja Multiband Spectral Subtraction (MBSS) untuk Perbaikan Sinyal Ucapan Berderau. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (ABSTRAK)
cover_abstrak1.pdf - Published Version Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (332kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Full)
full_ta.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Sinyal derau dapat menggangu pemprosesan sinyal suara yang digunakan pada beberapa aplikasi seperti VOIP, alat bantu dengan dan teleconference system. Untuk mengurangi dampak dari gangguan sinyal derau tersebut dapat digunakan metoda spectral subtraction. Pada penelitian ini digunakan multiband spectral subtraction dengan variasi jumlah band yang menggunakan Hamming Window, Gaussian Window dan Sine Multitaper. Pada Gaussian Window divariasikan nilai sidelobe (αgw). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata PESQ tertinggi pada MBSS 4 band. Pada Gaussian Window diperoleh nilai rata-rata PESQ tertinggi saat nilai sidelobe 3.75. Sedangkan untuk jenis window terbaik yang digunakan pada metoda MBSS adalah menggunakan Gaussian Window dengan sidelobe 3.75. Oleh karena itu dapat dinyatakan metoda Multiband Spectral Subtraction dengan jumlah band 4 dan menggunakan Gaussian Window dengan sidelobe 3.75 merupakan kombinasi terbaik jika dilihat dari nilai PESQ. Kata Kunci: Multiband Spectral Subtraction, Windowing, PESQ
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Fitrilina, M.T |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Elektro |
Depositing User: | S1 Teknik Elektro |
Date Deposited: | 15 May 2018 16:40 |
Last Modified: | 15 May 2018 16:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34551 |
Actions (login required)
View Item |