Pengaruh Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Cost of Equity dan Cost of Debt (Pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan High- Intellectual Capital Intensive Industries Tahun 2013-2015)

Lorna, Andra (2018) Pengaruh Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Cost of Equity dan Cost of Debt (Pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan High- Intellectual Capital Intensive Industries Tahun 2013-2015). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan intellectual capitaldan setiap elemen intellectual capital ( human capital, structural capital dan relational capital ) terhadap cost of equity dan cost of debt. Pengungkapan intellectual capitaldan elemennya akan menurunkan cost of equity dan cost of debt. Pengungkapan intellectual capital menunjukkan kemampuan dan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan dan pengungkapan yang lebih luas dijadikan sebagai sinyal positif bagi investor dan kreditur juga dijadikan sebagai alat untuk mengurangi asimetri informasi antara manajer dan investor. Penelitian ini menggunakan metode purposif sampling yang diambil dari Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015 dengan sampel sebanyak 45 perusahaan. Metode statistik yang dipakai adalah analisis linier berganda dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengungkapan intellectual capitaldan setiap elemennya tidak berpengauh terhadap cost of equity, dan pengungkapan intellectual capitalberpengaruh negatif terhadap cost of debtnamun tidak untuk setiap elemennya yang tidak berpengauh terhadap cost of debt. Keywords : Intellectual Capital, Intellectual Capital Disclosure, Cost of Equity and Cost of Debt

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yurniwati,SE,M.Si, Ak
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 15 May 2018 11:14
Last Modified: 15 May 2018 11:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34543

Actions (login required)

View Item View Item