Analisa Pushover Bangunan Gedung Struktur Baja (Studi Kasus: Gedung Kuliah Blok BIII Kampus II Universitas Bung Hatta Aia Pacah Padang)

Ardi, Saputra (2018) Analisa Pushover Bangunan Gedung Struktur Baja (Studi Kasus: Gedung Kuliah Blok BIII Kampus II Universitas Bung Hatta Aia Pacah Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01 cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
02 Bab I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
03 Bab V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img] Text (TA UTUH)
05 TA Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Posisi Indonesia yang berada di wilayah jalur gempa Pasifik dan jalur Asia, serta diapit lempeng Indo Australia dengan Indo Asia memunculkan potensi besar terjadinya gempa. Bencana gempa menyebabkan terjadi kerusakan struktur bangunan dan saat terjadi gempa itu, diharapkan struktur mampu untuk menerima gaya gempa pada level tertentu tanpa terjadi kerusakan yang signifikan. Kenyataannya bahwa perilaku runtuhnya gedung berperilaku inelastis, maka dibutuhkan metode untuk memperkirakan perilaku inelastis akibat gempa untuk menjamin kinerja bangunan. Evaluasi kinerja dapat dilakukan dengan analisis static nonlinier pushover yang mengacu pada SNI 03-1726-2012 dan ATC-40. Pada penelitian ini, diambillah studi kasus pada struktur gedung yang telah ada, yaitu struktur baja pada Gedung Kuliah Blok BIII Kampus II Universitas Bung Hatta Aia Pacah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja gedung berdasarkan mekanisme terbentuknya sendi plastis pada balok dan kolom serta hubungan base shear dengan displacement pada kurva seismic demand. Metode yang digunakan adalah analisis statik nonlinier pushover dengan menggunakan program ETABS. Hasil analisis struktur menunjukkan bahwa kapasitas maksimum dari evaluasi pushover pada arah x sebesar 416252,34 kg dan pada arah y sebesar 1532111,6250 kg. Maksimum total drift untuk arah x sebesar 0,0057 dan untuk arah y sebesar 0,0064. Sehingga dari nilai maksimum drift yang dihasilkan, gedung termasuk dalam level kinerja Immediate Occupancy (IO). Nilai displacement pada arah x sebesar 0,09 m dan pada arah y sebesar 0,102 m. Displacement pada gedung tidak melampaui displacement maksimal, sehingga gedung aman terhadap gempa rencana. Kata kunci: gempa, Pushover, SNI 03-1726-2012, ATC-40

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RIZA ARYANTI, M
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 14 May 2018 15:21
Last Modified: 14 May 2018 15:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34442

Actions (login required)

View Item View Item