PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN DI JALUR PENDAKIAN GUNUNG SINGGALANG , KENAGARIAN PANDAI SIKEK OLEH PENYIDIK POLSEK X KOTO, KABUPATEN TANAH DATAR

Nabilah, Zhafirah (2018) PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN DI JALUR PENDAKIAN GUNUNG SINGGALANG , KENAGARIAN PANDAI SIKEK OLEH PENYIDIK POLSEK X KOTO, KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (over dan Abstrak)
COVER DAN ASBTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Negara Indonesia adalah negara berkembang yang sedang melaksanakan pembangunan di segala bidang dengan tujuan pokok untuk memberikan kemakmuran dan kesejahteraan lahir dan batin bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan berkembangnya masyarakat maka berkembang pula hobi masyarakat tersebut. Saat ini, muncul hobi baru oleh anak remaja di seluruh Indonesia dalam mengeksplorasi alam raya yang sangat kaya ini, salah satunya dengan melakukan olahraga mendaki gunung. Hal ini tentu saja juga diimbangi dengan kejahatan yang terjadi akibat dari berkembangnya hobi dari masyarakat, Salah satu bentuk kejahatan yang sering terjadi dalam olahraga mendaki gunung yang saya temui adalah pencurian dengan kekerasan di jalur pendakian Gunung Singgalang. Namun dengan maraknya kasus ini terjadi penulis tertarik mengambil kasus ini karena penyidikan pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan terjadi di jalur Pendakian Gunung Singgalang Kenagarian Pandai Sikek yang kasusnya ditangani oleh Polsek X Koto dirasa belum optimal. Penelitian ini dilakukan di Polsek X Koto Kabupaten Tanah Datar dan di sepanjang jalur pendakian Gunung Singgalang Kenagarian Pandai Sikek. Metode yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat langsung dari lapangan dengn metode wawancara dan data sekunder yaitu informasi-informasi dari bahan studi kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada rangkaian penyidikan yang tidak sesuai dengan prosedur yang seharusnya yang di tetapkan pada Undang-Undang. Kendala yang dihadapi oleh petugas penyidik Polsek X Koto dalam penyidikan sendiri adalah kurangnya anggaran dana, keterbatasan sarana prasarana, dan kurangnya komunikasi antara petugas penyidik Polsek X Koto dengan masyarakat sekitar. Adapun upaya petugas Polsek X Koto dalam mengatasi kendala yang di hadapi adalah dengan meningkatkan anggaran Polsek X Koto, mengadakan razia dan operasi, serta menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aria Zurnetti,S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 May 2018 15:34
Last Modified: 14 May 2018 15:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34413

Actions (login required)

View Item View Item