DESAIN STRUKTUR GEDUNG DEKANAT FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN PETA BAHAYA GEMPA 2017 DENGAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS

Giti, Dwiyani Sari (2018) DESAIN STRUKTUR GEDUNG DEKANAT FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN PETA BAHAYA GEMPA 2017 DENGAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
TUGAS AKHIR GITI DWIYANI SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Fakultas Teknologi Pertanian merupakan salah satu diantara 15 fakultas yang ada di Universitas Andalas. Dengan meningkatnya jumlah mahasiswa dan dosen setiap tahunnya maka kebutuhan akan ruang juga akan semakin meningkat. Dari awal berdirinya hingga saat ini Fakultas Teknologi Pertanian belum memiliki gedung tersendiri. Untuk itu perlu didirikannya gedung Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian sebagai sarana penunjang kegiatan akademik fakultas. Kota Padang merupakan daerah rawan akan bencana gempa bumi. Untuk itu, gedung Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian didesain dengan menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) dengan prinsip perancangan strong column weak beam dimana kolom didesain lebih kuat dibandingkan balok. Sehingga ketika terjadi bencana gempa bumi, struktur tidak mengalami keruntuhan karena struktur didesain dengan daktilitas penuh. Desain struktur gedung dengan menggunakan SRPMK mengacu pada peraturan yang berlaku saat ini yaitu SNI 2847:2013. Struktur gedung Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian dimodelkan dengan menggunakan software ETABS 9.7.1. Adapun beban-beban yang dihitung pada struktur berupa beban mati, beban hidup dan beban gempa mengacu pada PPIUG 2013, SNI 1727:2013 dan SNI 1726:2012. Langkah-langkah perhitungan beban gempa mengacu pada peraturan SNI 1726:2012 dengan menggunakan Peta Bahaya Gempa 2017. Peta Bahaya Gempa 2017 merupakan pemutakhiran dari peta bahaya gempa sebelumnya yang diluncurkan pada tahun 2010. Elemen struktur yang ditinjau berupa balok, kolom, pelat, tangga, sloof, pondasi dan dilakukan pengecekan terhadap hubungan balok kolom (joint). Untuk perhitungan elemen struktur mengacu pada SNI 2847:2013. Setelah dilakukan perhitungan struktur, maka dapat dihitung rencana anggaran biaya (RAB) untuk struktur atas dan struktur bawah (pondasi) gedung. Perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) menggukan harga satuan pekerjaan (HSP) kota Padang triwulan I. Kata kunci : Desain Stuktur, SRPMK, Peta Bahaya Gempa 2017, Rancangan Anggaran Biaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fauzan, Dr.Eng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 14 May 2018 09:38
Last Modified: 14 May 2018 09:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34316

Actions (login required)

View Item View Item