Hidayatul, Husna (2018) PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN REKOMENDASI PENERBITAN PASPOR HAJI DAN UMRAH DI BAGIAN PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (379kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (964kB) |
Abstract
ABSTRAK Pelayanan pengurusan rekomendasi penerbitan paspor Haji dan Umrah merupakan suatu bentuk dari pelayanan publik dibawah Kementerian Hukum dan HAM RI yang dibantu pelaksanaan tugasnya oleh Kementerian Agama RI.Kementerian Agama RI merupakan satu-satunya instansi vertikal yang diberi kewenangan untuk mengurus rekomendasi penerbitan paspor bagi calon jamaah ibadah Haji dan Umrah.Rekomendasi penerbitan paspor diperlukan dalam rangka pencegahan penyalahgunaan paspor ibadah Haji dan Umrah oleh jamaah untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara nonprosedural di luar negeri.Oleh karena itu,diwajibkan bagi setiap calon jamaah untuk melakukan pengurusan rekomendasi penerbitan paspor yang tidak termasuk ke dalam pengecualian berdasarkan Surat Edaran dari Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia No.: IMI-GR.01.01-2036 tentang Penerbitan Paspor Bagi Calon Jemaah Haji/ Umrah.Dalam hal pembuatan rekomendasi penerbitan paspor ini seringkali terjadi ketimpangan pelayanan antara Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan proses di lapangan.Oleh karena itu,permasalahan dalam penelitian ini adalah:1)Bagaimana pelayanan pengurusan rekomendasi penerbitan paspor Haji dan Umrah di Kemenag Padang? 2)Permasalahan apa yang ditemukan dalam pengurusan rekomendasi penerbitan paspor Haji dan Umrah di Kemenag Padang? Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis,dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa:1)Pelayanan pengurusan rekomendasi penerbitan paspor Haji dan Umrah belum cukup baik dan harus ditingkatkan.2)Permasalahan dalam pengurusan secara hukum yaitu lemahnya pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan,dari segi petugas terdapat ketidaksesuaian data pribadi calon jamaah antar dokumen,kerusakan pada mesin pembuatan surat rekomendasi dan fasilitas ruangan yang terlalu kecil.Dari sisi calon jamaah terkendala dengan pelayanan yang kurang memadai,berkas yang tidak lengkap/kurang sesuai,lamanya proses penyelesaian surat rekomendasi penerbitan paspor Haji dan Umrah,dan jumlah petugas penyusun dokumen Haji dan Umrah yang sedikit. Kata kunci : Pelayanan Publik, Rekomendasi Penerbitan Paspor Haji dan Umrah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | SYOFIARTI, S.H., M.Hum |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 14 May 2018 14:25 |
Last Modified: | 14 May 2018 14:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34298 |
Actions (login required)
View Item |