PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH PENGAWAS MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTsS AL-FURQAN KOTA PADANG

Hidayatil, Husni (2018) PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH PENGAWAS MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTsS AL-FURQAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SAKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu tujuan negara Republik Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, seperti yang tercantum pada alinea ke IV Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa,...”. Cita-cita mulia tersebut untuk membawa bangsa Indonesia ke dalam suatu keadaan yang dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang pada waktunya akan mampu meningkatkan kesejahteraan umum (rakyat Indonesia), salah satunya adalah melalui pendidikan. Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, cakap, kreatif, mandiri, dan mampu menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Salah satu lembaga pendidikan yang kita ketahui adalah madrasah. Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di madrasah, maka diperlukan adanya sebuah pengawasan. Pengawasan diperlukan agar.bisa melihat perkembangan dan kemajuan peserta didik, dan juga berjalan atau tidak berjalannya sebuah sekolah. Namun, fakta di lapangan khususnya madrasah MTsS Al-Furqan yang berada di Rawang, Tunggul Hitam Kota Padang, berdasarkan data lulusan siswanya hanya sedikit yang bisa masuk dan melanjutkan ke SMA negeri. Pengawas madrasah yang berada di bawah naungan kementerian agama Kota Padang memiliki kewenangan dan bertanggungjawab untuk melaksanakan pengawasan atas kondisi siswa yang ada di MTsS Al-Furqan Kota Padang. Atas dasar itu penelitian ini dilakukan untuk mengemukakan permasalahan Pertama, Bagaimana Pelaksanaan Pengawasan oleh Pengawas Madrasah terhadap Kinerja Guru di MTsS Al-Furqan Kota Padang. Kedua, apa saja kendala yang dihadapi dalam Pelaksanaan Pengawasan oleh Pengawas Madrasah terhadap Kinerja Guru di MTsS Al-Furqan Kota Padang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian dilakukan dengan metode yuridis sosiologis yaitu untuk menguji apakah sesuatu telah berjalan sesuai aturan perundang-undangan yang dibuktikan dengan terjun langsung ke lapangan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pengawas madrasah belum efektif melaksanakan kewenangannya dalam melakukan pengawasan di MTsS Al-Furqan Kota Padang. Hal ini terkait dengan terbatasnya sarana dan prasarana di MTsS Al-Furqan yang akan menghambat proses tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan oleh pengawas madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. AZMI FENDRI, S.H., M.Kn
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 May 2018 14:23
Last Modified: 14 May 2018 14:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34295

Actions (login required)

View Item View Item