PENGARUH WAKTU DAN TEMPERATUR LARUTAN PELAPISAN (ELECTROPLATING) KUNINGAN PADA BAJA TERHADAP KETEBALAN DAN KEKERASAN PERMUKAAN LAPISAN

ultra, marsedi (2018) PENGARUH WAKTU DAN TEMPERATUR LARUTAN PELAPISAN (ELECTROPLATING) KUNINGAN PADA BAJA TERHADAP KETEBALAN DAN KEKERASAN PERMUKAAN LAPISAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
TUGAS AKHIR Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Logam merupakan material yang mudah terkorosi oleh oksigen sehingga memiliki umur yang terbatas. Untuk mengurangi sifat korosif biasanya logam diberikan lapisan tipis pada permukaan sehingga menghambat laju korosi. Salah satu cara yang biasa digunakan adalah memberikan lapisan pada permukaan dengan proses electroplating. Adapun tujuan dari tugas akhir ini adalah mengetahui pengaruh waktu celup dan temperatur larutan terhadap nilai kekerasan dan ketebalan permukaan lapisan kuningan pada baja hasil electroplating. Bahan pelapis yang digunakan adalah kuningan, karena memiliki harga yang relatif murah dan tampak rupa yang menarik. Proses electroplating yang dilakukan menggunakan material kuningan pada baja karbon rendah ST-37 dengan memberikan variasi waktu 10 menit, 15 menit, 20 menit dan 25 menit dengan temperatur larutan 40oC, 45oC, 50oC dan 55oC. Untuk mengetahui kualitas lapisan perlu dilakukan pengujian ketebalan lapisan menggunakan mikroskop stereo dan pengujian kekerasan permukaan dengan menggunakan alat uji keras vicker. Hasil yang didapat dari pengujian yaitu kenaikan waktu dan temperatur yang diberikan berbanding lurus dengan ketebalan dan sifat mekanik kekerasan. Nilai ketebalan dan kekerasan rata-rata paling rendah terdapat pada temperatur 40oC dengan waktu pencelupan selama 10 menit adalah sebesar 11,323 µm 182,4 VHN sedangkan nilai rata-rata ketebalan dan kekerasan tertinggi sama-sama diperoleh pada waktu 25 menit dengan temperatur larutan 55oC sebesar 29,333 µm dan 218,8 VHN. Kekerasan dan ketebalan yang terlihat jelas kenaikannya adalah pada variasi waktu lebih dari 20 menit dan temperatur 50oC. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan kenaikan waktu dan temperatur yang diberikan berbanding lurus dengan ketebalan dan sifat mekanik kekerasan. Nilai ketebalan dan kekerasan tertinggi diperoleh pada waktu 25 menit dengan temperatur larutan 55oC. Pada variasi temperatur larutan, kenaikan nilai ketebalan dan kekerasan terlihat meningkat signifikan setelah waktu lebih dari 20 menit. Kata kunci : Electroplating, kuningan (Cu-Zn), temperatur, waktu, ketebalan, kekerasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. JON AFFI
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 14 May 2018 12:40
Last Modified: 14 May 2018 12:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34279

Actions (login required)

View Item View Item