FUNGSI PACU ITIAK BAGI MASYARAKAT NAGARI SIKABU-KABU TANJUANG HARO PADANG PANJANG (Studi Kasus : Gelanggang Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Kecamatan Luhak, Kabupaten 50 Kota)

Eka, Eka Fardila (2018) FUNGSI PACU ITIAK BAGI MASYARAKAT NAGARI SIKABU-KABU TANJUANG HARO PADANG PANJANG (Studi Kasus : Gelanggang Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Kecamatan Luhak, Kabupaten 50 Kota). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text
Tugas Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Eka Fardila, 1310821013, Skripsi S1, Fungsi Pacu Itiak Bagi Masyarakat Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang (Studi Kasus : Gelanggang Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang, Kecamatan Luhak, Kabupaten 50 Kota). Jurusan Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang 2018. Pacu itiak merupakan salah satu tradisi yang ada di Kabupaten 50 Kota khususnya di Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang. Pacu itiak merupakan salah satu bentuk permainan rakyat yang diperlombakan dan hanya ada satu-satunya di dunia. Keberadaan tradisi pacu itiak ini sudah ada sejak tahun 1926 dan masih eksis dan berkembang karena memiliki fungsi yang terlihat pada perlombaan pacu itiak yang dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Juli sampai dengan Desember. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi pacu itiak bagi masyarakat Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan informan secara sengaja berdasarkan maksud dan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) fungsi pacu itiak bagi joki sebagai identitas sosial dan nilai tambah ekonomi (2) fungsi pacu itiak bagi masyarakat sebagai hiburan, pendukung perekonomian, dan sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi (3) fungsi pacu itiak bagi adat. Dan upaya untuk mempertahankan fungsi pacu itiak ini dibutuhkan upaya untuk selalu melestarikan tradisi dengan cara melakukan penyebaran informasi tradisi pacu itiak, kerja sama anatara masyarakat dan pemerintah daerah dan melakukan pewarisan kepada generasi muda. Kata Kunci : Pacu Itiak, Fungsi, Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hendrawati,S.H,M.Hum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 14 May 2018 09:49
Last Modified: 14 May 2018 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34128

Actions (login required)

View Item View Item