RANCANG BANGUN PENDETEKSI KEKERUHAN UNTUK PEMISAHAN AIR BERDASARKAN NILAI NEPHELOMETRIC TURBIDITY UNIT (NTU) BERBASIS MIKROKONTROLER

Yosa, Rianda (2018) RANCANG BANGUN PENDETEKSI KEKERUHAN UNTUK PEMISAHAN AIR BERDASARKAN NILAI NEPHELOMETRIC TURBIDITY UNIT (NTU) BERBASIS MIKROKONTROLER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
Bab V.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, rancang bangun pendeteksi kekeruhan untuk pemisahan air dibuat diharapkan dapat membantu pelanggan PDAM/PAM menjaga kualitas air yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-harinya, agar stok air bersih yang telah ditampung sebelumnya tidak tercampur langsung ketika keran air dibuka. Smartphone digunakan sebagai media pengontrol jarak jauh secara manual pada penelitian ini dengan media komunikasi bluetooth yang bertujuan apabila user kehabisan stok air bersih saat air mengalami kekeruhan dalam waktu yang cukup lama. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental, penelitian yang memanipulasi atau mengontrol situasi alamiah dengan cara membuat kondisi buatan (artificial condition). Pembuatan kondisi ini dilakukan oleh peneliti. Penelitian yang dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian, serta adanya kontrol yang disengaja terhadap objek penelitian tersebut. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa sistem akan melakukan kontrol secara otomatis sesuai dengan kondisi keadaan air dan melakukan kontrol manual sesuai perintah user melalui komunikasi bluetooth dengan jarak maksimal 10 meter, terdapat dua aksi yaitu kontrol buka dan kontrol tutup. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan sistem mampu memisahkan air sesuai dengan kondisinya dan menjalankan perintah sesuai perintah oleh user, sistem dapat membuka dan menutup saluran air oleh solenoid valve. Kata kunci : experimental research, kontrol, kekeruhan, smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dody Ichwana Putra, MT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 12 May 2018 14:27
Last Modified: 12 May 2018 14:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34125

Actions (login required)

View Item View Item