SIMULASI SERTA ANALISA KESTABILAN DAN KEKOKOHAN SISTEM KENDALI BUCK BOOST CONVERTER DENGAN MENGGUNAKAN PENGENDALI 2 DERAJAT KEBEBASAN

Rizki, Suherdi (2018) SIMULASI SERTA ANALISA KESTABILAN DAN KEKOKOHAN SISTEM KENDALI BUCK BOOST CONVERTER DENGAN MENGGUNAKAN PENGENDALI 2 DERAJAT KEBEBASAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I. Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V. Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada perkembangan komponen dan rangkaian eletronika telah mampu menghasilkan sistem penyedia daya tegangan seaarah (DC), seperti baterai, aki, generator DC dan lainnya. Untuk penggunaan tegangan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pemakaian di perlukan sistem yang dapat mengkonversi tegangan DC dari suatu tingkat tegangan lain ke tingkat tegangan lain sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Salah satu catu daya DC itu adalah Buck Boost Converter yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tegangan. Agar sistem Buck Boost Converter ini memiliki tanggapan tegangan keluaran yang stabil dan kokoh maka perlu dikendalikan dengan pengendali. Disini pengendali yang digunakan adalah pengendali 2 Derajat Kebebasan tipe paralel. Untuk pengendali yang digunakan terdiri dari pengendali Proporsional Derivatif (Pd), pengendali Proporsional Integral (PI), pengendali Proporsional integral Derivatif (PD), pengendali proportional derivati orde pertama (PDF) dan pengendali Proporsional Integral Diferensial orde pertama (PIDF). Keluaran yang diamati dalam penelitian ini yaitu analisa kestabilan dan analisa kekokohan. Analisa kestabilan yang dilakukan meliputi analisa kestabilan mutlak, analisa kestabilan relatif dan analisa kestabilan internal. Parameter yang di gunakan untuk mengukur kestabilan dan kekokohan sistem adalah nilai real akar-akar persamaan karakteristik, margin penguatan, margin fasa, indeks kestabilan, dan nilai puncak maksimun sensitivitas. Pengendalian dilakukan dengan simulasi M.ATLAB agar mendapatkan kestabilan dan kekokohan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada pengendali PID 2 derajat kebebasan tipe parallel, untuk pengendali Proporsiona Diferensial orde pertama (PDF) dengan nilai Kp = 24.5, Kd = 0.00165, Tf = 1.72e-06, dan pengedali Proporsional Diferensial (PD) dengan nilai Kp = 73.5, Kd = 0.00249 yang digunakan pada sistem buck boost conventer adalah pengendali yang memenuhi kriteria yang diinginkan untuk analisa kestabilan dan analisa kekokohan kecuali untuk analisa kestabilan relatif Kata Kunci : Buck Boost Converter, Pengendali 2 Derajat Kebebasan, Analisa Kestabilan, Analisa Kekokohan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, MT
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 11 May 2018 17:30
Last Modified: 11 May 2018 17:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34106

Actions (login required)

View Item View Item