PELAKSANAAN KEGIATAN PROGRAM UNIT PENGOLAHAN PUPUK ORGANIK (UPPO) DI KOTA PADANG (Studi Kasus: Kelompok Tani Ternak Koto Panjang Saiyo)

arif, rahmad jailani siregar (2018) PELAKSANAAN KEGIATAN PROGRAM UNIT PENGOLAHAN PUPUK ORGANIK (UPPO) DI KOTA PADANG (Studi Kasus: Kelompok Tani Ternak Koto Panjang Saiyo). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cofer dan abstrak)
01a. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
05. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v kesimpulan saran)
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
Cover.rtf fulll.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program UPPO pada Kelompok Tani Ternak Koto Panjang Saiyo dan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan program UPPO pada Kelompok Tani Ternak Koto Panjang Saiyo. penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Mei 2017. Metode Penelitian adalah dengan metode studi kasus (case study) pada kelompok tani ternak Koto Panjang Saiyo menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian Pelaksanaan Program UPPO pada Kelompok Tani Ternak Koto Panjang Saiyo dapat dibilang tidak ada kendala dan pelaksanaan program UPPO tergolong lancar, dimana faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan UPPO telah terpenuhi seperti: proses pembuatan pupuk, produksi kotoran, sistem pembagian tugas, pemasaran. Keberhasilan Pelaksanaan Program UPPO pada Kelompok Tani Ternak Koto Panjang Saiyo dapat dilihat dari : Indikator Keluaran (OUTPUT), Sudah terbangunnya Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) pada kelompok tani ternak Koto Panjang Saiyo, dengan fasilitas yang telah dibangun dan diadakan terdiri dari : rumah kompos, bak fermentasi, Alat Pengolah Pupuk Organik (UPPO), kendaraan roda 3, kandang ternak dan pengadaan sapi Pesisir 10 ekor (1 ekor sapi jantan 9 ekor sapi betina). Indikator Hasil (OUTCOME). Pada tahun 2015 kelompok tani ternak Koto Panjang Saiyo telah menghasilkan pupuk organik dari produksi UPPO sebesar 1,5 ton per bulannya. Indikator Manfaat (BENEFIT) Hasil penelitian menunjukkan 82.00% anggota kelompok tani ternak Koto Panjang Saiyo telah dapat mengurangi pemakaian pupuk kimia kelahan setelah menggunakan pupuk organik dari produksi UPPO. Kata Kunci : Kegiatan pelaksanaan Program UPPO, Keberhasilan pelaksanaan Program UPPO, Kelompok Tani

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Amrizal Anas, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 14 May 2018 15:02
Last Modified: 14 May 2018 15:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34099

Actions (login required)

View Item View Item