Dian, Indri Annisa (2018) Analisis Kepuasan Anggota Terhadap Pelayanan Simpan Pinjam Koperasi Perkebunan Sawit (KPS) (Studi Perbandingan Pada KPS Perintis dan KPS Maju di Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER LAGI.pdf - Published Version Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
5. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
9. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (225kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Dian Indri Annisa_1310222021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kabupaten Pasaman Barat merupakan wilayah sentra kelapa sawit di Sumatera Barat. Besarnya luas lahan kelapa sawit membutuhkan modal yang besar. Koperasi merupakan lembaga keuangan yang berdiri berdasarkan asas kekeluargaan untuk membantu memecahkan masalah permodalan petani. KPS Perintis dan KPS Maju merupakan koperasi yang memiliki penilaian kinerja yang berbeda sehingga perlu ditinjau apakah terdapat hubungan antara kinerja koperasi dengan kepuasan anggota terhadap pelayanan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kepuasan pelayanan Koperasi Perkebunan Sawit pada KPS Perintis dan KPS Maju, menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian studi komparatif/perbandingan. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive karena Kecamatan Luhak Nan Duo merupakan sentra KOPBUN di Kabupaten Pasaman Barat. Penentuan responden dilakukan dengan teknik simple random sampling dipilih 29 orang sampel dari populasi 510 orang anggota KPS Perintis dan 35 orang sampel dari populasi 442 orang anggota KPS Maju. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) kemudian dibandingkan dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada grafik IPA pada masing – masing KPS, sebagian besar atribut yang diujikan telah memenuhi kepuasan anggota, disamping masih terdapat atribut yang perlu diperbaiki pelayanannya. Secara keseluruhan berdasarkan nilai CSI anggota KPS Perintis dan KPS Maju sudah merasa puas dengan pelayanan masing – masing koperasi. Hasil perbandingan analisis uji T adalah ternyata tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kepuasan anggota terhadap pelayanan kedua KPS meskipun pada atribut penampilan dan kerapian pengurus terdapat perbedaan kepuasan. Saran untuk KPS Maju agar dapat meningkatkan kinerjanya agar selalu dapat memuaskan kebutuhan anggota. Kata kunci : pelayanan, kepuasan, perbandingan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Ir. Rudi Febriamansyah, M.Sc, Ph.D |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 11 May 2018 16:56 |
Last Modified: | 11 May 2018 16:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34080 |
Actions (login required)
View Item |