ANALISIS MODAL SOSIAL (SOSIAL CAPITAL) DI SETIAP AKTIVITAS UTAMA RANTAI NILAI PADA PENGEMBANGAN USAHA KOPI ARABICA (ARABICA COFFE) DI KOPERASI SOLOK RADJO NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

MARTATILLAH, MARTATILLAH (2018) ANALISIS MODAL SOSIAL (SOSIAL CAPITAL) DI SETIAP AKTIVITAS UTAMA RANTAI NILAI PADA PENGEMBANGAN USAHA KOPI ARABICA (ARABICA COFFE) DI KOPERASI SOLOK RADJO NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
poin 1.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
poin 2.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v kesimpulan)
poin 3.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
poin 4.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (full text)
skripsi full watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Rantai Nilai (Value Chain) Kopi Arabika Solok Radjo dan Menganalisis Modal Sosial di Setiap aktivitas utama Rantai Nilai (Value Chain) Kopi Arabika Solok Radjo di Koperasi Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Metode yang digunakan adalah metode eksploratif dengan jenis data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas rantai nilai yang terdapat pada pengembangan usaha kopi arabika adalah aktivitas primer yang meliputi : a) aktivitas produksi yang meliputi pembibitan, penanaman dan pemanenan; b) aktivitas logistik kedalam yang mencakup penerimaan dan penyimpanan bahan baku; c) aktivitas operasi atau pengolahan yang mencakup penjemuran, penggilingan, pengeringan dan pengemasan; d) aktivitas logistik keluar mencakup pengelolaan dan pengiriman pesanan; e) aktivitas pemasaran yang mencakup penentuan kuota dan harga penjualan. Dilihat dari aktivitas rantai nilai tersebut dalam hal ini petani mendapatkan manfaat dari penjualan cherry ditambah dengan manfaat yang diterima dari koperasi sesuai dengan ketentuan yang telah di sepakati bersama. Manfaat yang didapatkan ini akan dibagikan kembali ke anggota koperasi secara keseluruhan. Modal sosial yang terdapat pada setiap aktivitas rantai nilai terdapat 3 unsur yaitu : 1) kepercayaan; 2) jaringan sosial dan 3) norma sosial. Modal sosial yang terdapat disetiap aktivitas utama rantai nilai ditunjukkan dengan adanya hubungan atau jaringan kerjasama antara koperasi dengan petani sebagai anggotanya, terlihat pada fasilitas yang diberikan oleh koperasi kepada anggotanya seperti pelatihan, bibit, pupuk dan juga hal lain yang mendukung usahatani mereka. Selain itu juga diberikan fasilitas yang membantu petani dalam memasarkan hasil usahatani mereka dengan didirikannya UPH di koperasi. UPH didirikan untuk memudahkan dalam pengolahan bahan baku ke produk jadi dalam bentuk greenbeen. Kata kunci : Kopi Arabika, Rantai Nilai, Modal Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Helmi M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 11 May 2018 17:08
Last Modified: 11 May 2018 17:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34077

Actions (login required)

View Item View Item