KEANEKARAGAMAN DAN AKTIVITAS SERANGGA PENGUNJUNG (INSECT VISITOR) PADA BUNGA SALAK (Salacca sumatrana Becc.)DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN.

Sri, Rahmi Tanjung (2018) KEANEKARAGAMAN DAN AKTIVITAS SERANGGA PENGUNJUNG (INSECT VISITOR) PADA BUNGA SALAK (Salacca sumatrana Becc.)DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak - Copy.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
TESIS FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keberadaan serangga pada tanaman disebut serangga pengunjung. Walaupun tidak semua serangga pengunjung bunga dapat menjadi penyerbuk yang baik. Oleh karena itu, informasi mengenai jenis-jenis serangga pengunjung bunga penting untuk diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman serangga pengunjung pada bunga salak dan menganalisis perilaku kunjungan serangga yang berpotensi sebagai penyerbuk meliputi jumlah kunjungan per satuan waktu dan waktu kunjungan per bunga. Pengamatan keanekaragaman serangga pengunjung menggunakan metode scan sampling dan perilaku kunjungan serangga dengan metode focal sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tapanuli Selatan yaitu di Kecamatan Angkola Barat dan Marancar. Penelitian dilakukan dari bulan Mei - Juni 2017. Keanekaragaman serangga pada bunga salak berdasarkan nilai indeks Shanon-Weiner (H`) yaitu H’=1,06 (sedang). Perilaku kunjungan serangga yang berpotensi penyerbuk adalah spesies Nodocnemis sp dengan jumlah kunjungan per menit 25,41 (±2,57) bunga/menit dan waktu kunjungan perbunga 3,27 (±1,61) detik/bunga. Kata Kunci: Nodocnemis sp., serangga pengunjung, bunga salak.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Dahelmi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 11 May 2018 10:33
Last Modified: 11 May 2018 10:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33882

Actions (login required)

View Item View Item