Hubungan Menyusui dengan Botol Terhadap Kejadian Maloklusi Pada Anak Usia 3-6 Tahun di PAUD dan TK Aisyah Bato Kecamatan Pariaman Timur

Fikri, Al Hafiz (2018) Hubungan Menyusui dengan Botol Terhadap Kejadian Maloklusi Pada Anak Usia 3-6 Tahun di PAUD dan TK Aisyah Bato Kecamatan Pariaman Timur. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER FIX.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab1.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7)
BAB VII (1).pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
pdfjoiner (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, April 2018 Hubungan Menyusui dengan Botol Terhadap Kejadian Maloklusi Pada Anak Usia 3-6 Tahun di PAUD dan TK Aisyah Bato Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Oleh FIKRI AL HAFIZ ABSTRAK Latar Belakang : Salah satu kebiasaan oral yang dapat menyebabkan maloklusi yaitu minum susu melalui botol. Minum susu melalui botol dapat menyebabkan terjadinya maloklusi skeletal maupun dental, hal ini disebabkan karena bentuk, ukuran dan elastisitas dot yang tidak seperti puting ibu, menyebabkan mulut anaklah yang harus menyesuaikan dengan dot tersebut. Pada saat minum susu melalui botol, perpindahan posisi dan gerakan dari lidah, otot bucinator, dan rahang dapat menyebabkan maloklusi gigi. Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan menyusui dengan botol terhadap kejadian maloklusi pada anak usia 3-6 tahun di PAUD dan TK Aisyah Bato Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Desain penelitian ini adalah observational analitik. Populasi penelitian ini adalah mencakup seluruh anak-anak usia 3-6 tahun di PAUD dan TK Aisyah Bato Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah dengan Simple Random Samlping. Analisis data menggunakan uji statistik Chi square. Hasil : Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara menyusui dengan botol dengan kejadian maloklusi pada anak usia 3-6 tahun di PAUD dan TK Aisyah Bato Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, dengan nilai p = 0,0001 Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara menyusui dengan botol dengan kejadian maloklusi pada anak usia 3-6 tahun di PAUD dan TK Aisyah Bato Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Kata kunci : Menyusui dengan botol, anak-anak usia 3-6 tahun, maloklusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 11 May 2018 11:51
Last Modified: 11 May 2018 11:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33789

Actions (login required)

View Item View Item