FUNGSI PENGAWASAN DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL DALAM AKTIVITAS PERTAMBANGAN EMAS DI PROVINSI SUMATERA BARAT PASCA UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH

WULIDATIL, FINI FAJRI (2018) FUNGSI PENGAWASAN DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL DALAM AKTIVITAS PERTAMBANGAN EMAS DI PROVINSI SUMATERA BARAT PASCA UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI (Penutup))
BAB VI.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA 1 .pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

ABSTRAK Wulidatil Fini Fajri. Skripsi S1. Fungsi Pengawasan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dalam Aktivitas Pertambangan Emas di Provinsi Sumatera Barat Pasca Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang. Skripsi ini terdiri dari 103 halaman dengan referensi 11 buku teori, 4 buku metode, 2 skripsi, 1 tesis, 2 jurnal, 8 Peraturan Perundang-undangan, 4 website internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Fungsi Pengawasan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dalam Aktivitas Pertambangan Ems di Provinsi Sumatera Barat Pasca Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Kajian ini dilatar belakangi oleh lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang mengalihkan beberapa urusan pemerintahan dari kabupeten ke provinsi. Salah satunya adalah pengalihan urusan energi dan sumber daya mineral. Peralihan kewenangan tersebut menngakibatkan semakin luas nya kewenangan pemerintah provinsi dalam pengelolaan usaha pertambangan, termasuk dalam hal pengawasan. Penelitian ini fokus terhadap pengawasan dalam aktivitas pertambangan emas. Karena pertambangan emas merupakan salah satu jenis usaha pertambangan yang banyak menyebabkan kerusakan lingkungan, khususnya di Sumatera Barat. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sementara teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori pengawasan preventif dan represif menurut Manullang. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pengawasan preventif yang dilakukan oleh Dinas ESDM provinsi Sumatera Barat dalam aktivitas pertambangan emas adalah pengawasan administrasi. Sementara, pengawasan represif yang dilakukan adalah inspeksi lapangan. Pengawasan yang dilakukan oleh Dinas ESDM provinsi Sumatera Barat belum maksimal karena belum tercapainya hasil-hasil yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pengawasan terhadap aktivitas pertambangan emas. Kata kunci : Pengawasan, Pertambangan, Pemerintah, dan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi, M.Si
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 11 May 2018 11:41
Last Modified: 11 May 2018 11:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33754

Actions (login required)

View Item View Item