PENGARUH LUAS LANTAI KANDANG DAN LEVEL PEMBERIAN PROTEIN MENGGUNAKAN BAHAN DAUN DAN BIJI KARET (Havea brasiliensis) FERMENTASI TERHADAP ERITROSIT, HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT BROILER

Ahmad, Fauzi (2018) PENGARUH LUAS LANTAI KANDANG DAN LEVEL PEMBERIAN PROTEIN MENGGUNAKAN BAHAN DAUN DAN BIJI KARET (Havea brasiliensis) FERMENTASI TERHADAP ERITROSIT, HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER N ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V kesimpulan dan saran)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img] Text (skripsi lengkap)
Skripsi OJI WISUDA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi antara luas lantai kandang dan level protein menggunakan bahan daun dan biji karet (Havea brasiliensis) terhadap eritrosit, hemoglobin dan hematokrit broiler. Penelitian menggunakan 120 ekor ayam broiler yang tidak ditentukan jenis kelaminya. perlakuan ini dimulai pada umur 2 minggu yang dilakukan selama 7 minggu. Percobaan ini menggunaan Rancangan Acak Lengkap pola split plot dengan 2 faktor A dan 3 faktor B dengan 4 ulangan. Faktor A adalah luas lantai kandang yaitu 60 x 60 cm2 dan 70 x 70 cm2 yang berisi masing-masing 5 ekor ayam broiler dan faktor B adalah level protein dengan kadar (B1) 19 %, (B2) 21 % dan (B3) 23 %. Peubah yang diamati adalah gambaran eritrosit, hemoglobin dan hematokrit ayam broiler. Ransum penelitian dicampur dengan daun biji karet fermentasi (Havea brasiliensis) dengan kadar 15 % untuk semua perlakuan, hal ini untuk mengurangi biaya produksi dan memanfaatkan limbah perkebunan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi yang nyata (P>0,05) antara luas lantai kandang dan level protein terhadap eritrosit, hemoglobin dan hematokrit broiler. Sementara luas lantai kandang 70 x 70 cm2 memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan luas lantai kandang 60 x 60 cm2. Luas lantai kandang terbaik yaitu 70 x 70 cm2 dengan jumlah eritrosit 2,63 juta/mm3, kadar hemoglobin 8,56 gram/100ml dan nilai hematokrit 28,83 %. Serta level protein tidak berpengaruh nyata terhadap eritrosit, hemoglobin dan hematokrit broiler. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa luas lantai kandang lebih baik digunakan adalah A2 dengan ukuran 70 x 70 cm2 dan level protein lebih baik adalah B1 (19 %). Kata Kunci : DBKF, Eritrosit, Hematokrit, Hemoglobin, Level Protein, Luas Lantai Kandang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. ERMAN SYAHRUDDIN. SU
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 11 May 2018 11:18
Last Modified: 11 May 2018 11:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33720

Actions (login required)

View Item View Item