ANALISIS FAKTOR KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018

Rika, Marta (2018) ANALISIS FAKTOR KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan saran)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Mei 2018 RIKA MARTA, No.BP: 1411212004 ANALISIS FAKTOR KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018 xii + 99 halaman, 27 tabel, 4 gambar, 7 lampiran ABSTRAK Tujuan Penelitian Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Studi pendahuluan 60% pasien tidak puas dengan pelayanan kesehatan rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2018 berdasarkan unsur survei kepuasan masyarakat. Metode Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain deskriptif dengan populasi infinite. Jumlah sampel 101 orang. Sampel penelitian pasien yang telah dirawat ≥ 3 hari. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random block sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data diolah menggunakan SPSS dengan analisis univariat dan analisis diagram kartesius. Hasil Hasil penelitian menunjukkan indeks kepuasan pasien sebesar 79,59 dengan mutu layanan B, kinerja layanan baik. Hasil penelitian berdasarkan persepsi dan harapan menunjukkan sebagian besar pasien puas (68,3%). Hasil analisis diagram kartesius, pelayanan yang diperbaiki berada pada kuadran A yaitu dimensi kejelasan persyaratan, alur pelayanan, cepat tanggap perawat melayani pasien, keberadaan layanan pengaduan dan kebersihan kamar mandi. Kesimpulan Lebih dari separuh pasien menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan. Hasil penelitian ini masih menunjukkan belum terpenuhinya target kepuasan pasien berdasarkan PERMENPAN Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat yang menyebutkan bahwa paling sedikit 88,31% pasien menyatakan puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Diharapkan kepada pihak RSUP Dr. M. Djamil Padang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Daftar Pustaka : 46 (1996-2017) Kata Kunci : Kepuasan pasien, RSUP Dr. M. Djamil Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ayulia Fardila Sari ZA, SKM, MPH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 May 2018 10:49
Last Modified: 11 May 2018 10:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33719

Actions (login required)

View Item View Item