ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI ENDOFITIK PENGHASIL ANTIBIOTIKA PADA TUMBUHAN Rhizophora apiculataL DI BATANG TOMAK, PASAMAN BARAT

Nuraini, Sagala (2018) ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI ENDOFITIK PENGHASIL ANTIBIOTIKA PADA TUMBUHAN Rhizophora apiculataL DI BATANG TOMAK, PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
1. COVER dan aBSTRAK2.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
Bab Akhir penutup.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang “Isolasi Dan Karakterisasi Bakteri Endofitik Penghasil Antibiotika Dari Tumbuhan Rhizophora apiculata di Batang Tomak, Pasaman Barat” yang telah dilaksanakan dari bulan September 2017 sampai Februari 2018, bertujuan untuk mengetahui isolat bakteri endofitik pada tumbuhan R. apiculata yang berpotensi sebagai penghasil antibiotik serta mengetahui karakteristik dari bakteri endofitik yang diisolasi dari daun tumbuhan R. apiculata terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Riset Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode survei dan eksperimental laboratorium dengan analisis data secara deskriptif. Seleksi bakteri endofitik penghasil antibiotika dilakukan dengan metode Kirby-Baurer dengan menggunakan paper disk yang sudah direndam pada larutan crude antibiotika dari masing-masing isolat bakteri endofitik yang kemudian diinokulasikan pada medium agar NA yang sudah diolesi dengan bakteri uji S. aureus dan E. coli. Dari hasil penelitian ini didapatkan 3 isolat bakteri endofitik yang perpotensi sebagai penghasil antibiotik yaitu M1 dan M4 yang bersifat broad spectrum sedangkan M2 bersifat narrow spectrum karena hanya berpotensi menghambat pertumbuhan E. coli saja. Pada Isolat bakteri M1, M2 dan M4 mempunyai karakteristik yang hampir sama kecuali pada uji TSIA, diduga M1 sebagai Bacillus sp. 1 dan M2 dan M4 Bacillus sp. 2. Kata Kunci : Antibiotika, Bakteri endofitik, Isolasi, Karakterisasi, Rhizophora apiculata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Anthoni Agustien
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 09 May 2018 17:32
Last Modified: 09 May 2018 17:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33686

Actions (login required)

View Item View Item