Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Kota Payakumbuh Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017

Tri, Wulandari Nasyef (2018) Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Kota Payakumbuh Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK DAN COVER pdf.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN pdf.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII PENUTUP pdf.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA fix pdf.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tri Wulandari Nasyef, 1410832006, Skripsi dengan judul Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Kota Payakumbuh Pada Pilwako Tahun 2017. Sebagai Pembimbing I Prof. Dr. Sri Zulchairiyah, MA dan Pembimbing II Zulfadli S.HI,MSi. Skripsi ini terdiri dari 134 halaman dengan 14 Buku Teori dan Rujukan, 9 Buku Metode, 4 Skripsi, 3 Jurnal dan 10 Situs Internet. Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi politik masyarakat Kota Payakumbuh pada Pemilihan Langsung Walikota dan Wakil Walikota yang cenderung mengalami peningkatan dari pemilihan sebelumnya. Penelitian ini difokuskan kepada partisipasi politik masyarakat dalam pemiliham umum. Partisipasi politik masyarakat dipengaruhi oleh faktor-faktor partisipasi politik yaitu Kesadaran Politik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh Kesadaran Politik terhadap Partisipasi Politik masyarakat dalam Pemilihan Langsung Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh Tahun 2017. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi politik dan teori kesadaran politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penjelasan (explanatory research). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis menggunakan program SPSS 21.0 dengan analisis data tabulasi silang dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh kesadaran politik terhadap tingkat partisipasi politik masyarakat di Kota Payakumbuh. Dalam mengukur tingkat kesadaran politik digunakan tiga indikator, yaitu aspek kognitif, afektif, dan evaluatif. Dalam penelitian ini, masyarakat yang memiliki tingkat partisipasi politik rendah, dipengaruhi oleh kesadaran politik yang sedang, serta aspek yang paling dominan dalam mempengaruhi partisipasi politik tersebut adalah aspek kognitif. Kemudian masyarakat dengan tingkat partisipasi politik yang tinggi juga dipengaruhi oleh kesadaran politik yang sedang, dan aspek kognitif juga menjadi aspek yang dominan dalam mempengaruhi partisipasi politik masyarakat di Kota Payakumbuh. Jadi dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, tinggi atau rendahnya partisipasi politik masyarakat sama-sama dipengaruhi oleh kesadaran politik yang sedang, serta aspek kognitif menjadi aspek yang paling dominan dalam mempengaruhi kesadaran politik masyarakat di Kota Payakumbuh pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2017. Kata Kunci: Partisipasi Politik, Kesadaran Politik, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, Masyarakat Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah, MA
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 11 May 2018 11:43
Last Modified: 11 May 2018 11:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33667

Actions (login required)

View Item View Item