PENGARUH PEMBERIAN Metarhizium sp. TERHADAP PENGENDALIAN PENGGEREK POLONG (Etiella zinckenella Treits) DAN PERTUMBUHAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

EGA, SEFTI RUNITA (2018) PENGARUH PEMBERIAN Metarhizium sp. TERHADAP PENGENDALIAN PENGGEREK POLONG (Etiella zinckenella Treits) DAN PERTUMBUHAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak upload.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I Upload.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggerek polong (Etiella zinckenella) merupakan salah satu hama yang menurunkan hasil produksi tanaman kacang tanah. Metarhizium sp. merupakan cendawan yang bersifat entomopatogen yang hidup di tanah dan banyak digunakan sebagai agen hayati untuk pengendalian penggerek polong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian biakan Metarhizium sp. dalam substrat jagung terhadap serangan penggerek polong E. zinckenella, serta mengetahui pengaruh pemberian biakan Metarhizium sp. terhadap pertumbuhan jumlah bunga dan ginofor kacang tanah. Perbanyakan cendawan Metarhizium sp. dilaksanakan di Laboratorium Pengendalian Hayati, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, dan penanaman kacang tanah serta aplikasi cendawan Metarhizium sp. di Kebun Percobaan BPTP Rambatan, Nagari Bukik Siangok, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar pada bulan Juni sampai Oktober 2017. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan 2 faktor perlakuan dan 3 ulangan. Faktor I dosis Metarhizium sp. terdiri dari 0 (kontrol), 10, 20, 30, dan 40 gram. Faktor II umur tanaman terdiri dari berapa kali waktu pengamatan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian dosis 10, 20, 30, dan 40 gram Metarhizium sp. dalam substrat jagung tidak efektif dalam mengendalikan serangan penggerek polong maupun terhadap pertumbuhan kacang tanah. Namun, pada dosis 30 gram kenaikan jumlah rata-rata bunga dan ginofor pada setiap waktu pengamatan bisa mencapai kisaran 60 %. Kata kunci : Kacang tanah, Etiella zinckenella, Metarhizium sp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Winarto, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 09 May 2018 15:13
Last Modified: 09 May 2018 15:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33657

Actions (login required)

View Item View Item