Pengaruh Pemberian Ampas Kelapa yang Disuplementasi Bakteri Termofilik dan Enzim Mananase Termostabil dalam Ransum Pelet Terhadap Performa Ayam Broiler

Fadhly, Irya (2018) Pengaruh Pemberian Ampas Kelapa yang Disuplementasi Bakteri Termofilik dan Enzim Mananase Termostabil dalam Ransum Pelet Terhadap Performa Ayam Broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuuan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL UPLOAD oke.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan level tertinggi penggunaan ampas kelapa yang disuplementasi bakteri termofilik dan enzim mananase termostabil dalam ransum pelet terhadap performa ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam broiler umur 6 hari dari jenis CP-707. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang berbentuk kotak ukuran 80 x 60 x 60 cm sebanyak 20 unit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan, dan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test. Ransum perlakuan yang diberikan mengandung ampas kelapa dalam ransum pelet, perlakuan A = 0% ampas kelapa; B = 10% ampas kelapa; C = 20% ampas kelapa dan perlakuan D = 30% ampas kelapa. Ransum disusun iso protein 21% dan iso energi 2900 Kkal/kg.Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan ampas kelapa yang disuplementasi bakteri termofilik dan enzim mananase termostabil sampai level 30% dalam ransum pelet memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P>0,01) terhadap konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan ayam broiler, tetapi berbengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konversi ransum. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa ransum pelet berbasis ampas kelapa yang disuplementasi bakteri termofilik dan enzim mananase termostabil mampu digunakan sampai level 30%. Kata kunci : Ampas kelapa, Bakteri termofilik, Broiler, Enzim mannanase termostabil, Performa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Harnentis, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 14 May 2018 15:17
Last Modified: 14 May 2018 15:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33642

Actions (login required)

View Item View Item